13 Tahapan Renovasi Rumah dengan Desain Minimalis yang Benar

tahapan renovasi rumah

Tahapan renovasi rumah menjadi kebutuhan yang penting Anda ketahui dan pelajari jika Anda berencana untuk merenovasi rumah. Ketika Anda akan melakukan renovasi rumah, ada beberapa tahapan renovasi rumah yang perlu Anda lakukan.

Ketika Anda akan melakukan renovasi rumah, ada beberapa hal yang perlu dikonsultasikan dan dipertimbangkan sejak awal secara matang, atau Anda dapat mendiskusikannya dengan tukang bangunan yang Anda kenal dengan baik. Anda perlu memastikan masalah desain  bangunan, biaya, dan hal – hal lain terkait pekerjaan yang akan dikerjakan tersebut.

Pertimbangan Tahapan Renovasi Rumah

Alasan Renovasi Rumah

Anda sebelum memutuskan renovasi rumah, sebaiknya tanyakan pada keluarga dan diri sendiri apakah sangat diharuskan untuk renovasi dan mengapa perlu melakukan renovasi. Apakah merasa bosan dengan bentuk bangunan yang sudah ada, apakah ada tambahan kebutuhan ruangan atau mungkin alasan yang lain.

Jelas bahwa Anda harus memiliki alasan yang kuat saat akan melakukan renovasi. Jangan sampai hanya karena alasan sepele lantas memutuskan untuk melakukan renovasi seluruh bagian rumah tanpa memperhatikan tahapan renovasi rumah yang perlu Anda lalui.

Prioritas Renovasi Rumah

Konsultasikan bagian rumah yang menjadi prioritas renovasi melalui jasa arsitek rumah, setelah Anda mantap dengan keputusan untuk melakukan renovasi rumah. Misalnya, hanya perlu mengganti genteng saja, menambal dinding atau mungkin menambah ruang. Dari prioritas renovasi itu, Anda lebih mudah dalam menentukan bahan bangunan apa saja yang dibutuhkan untuk merenovasi.

Rencana Anggaran Biaya

Anda tentu berharap pengeluaran biaya dapat sehemat mungkin saat akan renovasi rumah. Oleh karena itu, supaya tidak salah penafsiran perlu menghitung anggaran dengan baik. Menghitung volume bangunan dan harga satuan di setiap tipe bangunan merupakan hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat RAB (Rancangan Anggaran Biaya).

Butget Renovasi

Anda perlu meninjau ulang jumlah tabungan yang Anda miliki setelah mengetahui semua anggaran biaya dan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan. Ada baiknya jika diperiksa lagi daftar anggaran biaya apabila ternyata pengeluaran jauh lebih banyak dari pada saldo tabungan.

Memangkas beberapa hal yang memang tidak dibutuhkan bisa menjadi solusi. Ada baiknya juga Anda harus berjaga-jaga dengan menyimpan uang lebih atau memiliki sisa tabungan yang cukup banyak selama renovasi dilakukan untuk preventif apabila ada kebutuhan yang tak terduga. Untuk itu Anda perlu mengetahui tahapan renovasi rumah yang baik, jangan sampai salah langkah dalam melakukan renovasi rumah.

Jumlah Tenaga Kerja

Lama renovasi dan biaya yang harus dikeluarkan sangat dipengaruhi oleh jumlah tenaga kerja, tahapan renobvasi rumah ini sebenarnya sudah harus direncanakan dalam pembuatan rencana anggaran biaya pembangunan. Sebaiknya Anda memakai tenaga yang cukup untuk menyelesaikan proyek renovasi dengan cepat dan tidak terlalu banyak tenaga kerja.

Memastikan bahwa tenaga kerja yang dipakai memang profesional di bidang pembangunan rumah merupakan suatu keharusan bagi Anda, jangan sampai Anda kecewa dengan hasil akhir yang diberikan oleh tenaga kerja tersebut.

Biaya Tahapan Renovasi Rumah

tahapan renovasi rumah

Anda sebelum memulai pengerjaan, siapkan dulu gambar dan rencana material yang akan digunakan kemudian buat rincian item pekerjaan yang akan dihitung harga satuannya. Misalnya saja Anda ingin renovasi rumah dengan menambah 1 kamar tidur untuk anak dengan luas kamar tidur 3×4 m, maka secara umum rincian anggaran pekerjaan tersebut meliputi misalnya:

Tahap Persiapan

Tahap ini meliputi pembersihan lahan atau ruangan yang akan dibuat kamar, mendatangkan material, dan lain-lain, kemudian membuat pondasi, galian tanah, pemasangan pondasi batu kali atau bata dan urugan tanah kembali.

Tahap Pembangunan

Rincian renovasi meliputi:

1. Pemasangan dinding per 1 m2 butuh:

  • 70 bata
  • 9 m3 pasir (ditambah faktor susut 2% sampai 5%)
  • 1 m3 adukan butuh 4 – 6 sak semen (tergantung perbandingan adukannya)
  • 1 tukang dan 1 kenek mampu memasang 8 m2 dinding per hari

2. Asumsi Biaya Upah tukang saat ini:

  • Tukang batu (yang baik) Rp 35.000/hari
  • Tukang kayu Rp 40.000/hari
  • Kenek Rp 20.000 – 25.000/hari

3. Memasang keramik lantai (ukuran 30x30cm): 1 tukang, 1 kenek 8 – 10 m2/hari

4. Memasang keramik dinding: 2 tukang, 3 – 4 kenek 4 – 6 m2/hari

5. Membuat adukan semen:

  • Tergantung perbandingan adukan 1:5, 1:4, atau 1:3, 1 m3 adonan: 1,2 m3  pasir dan 6 sak
  • Untuk dinding dengan adukan sedang: 1 m3 butuh 4 – 6 sak

6. Memasang bata: 1 tukang, 1 kenek 8 m2/hari, per hari batasnya 1 – 1,5 meter

7. Jika sudah selesai maka tinggal tahap akhir yaitu pemasangan instalasi listrik dan pengecatan, metode diatas biasa disebut metode tukang.

Menghemat Biaya Renovasi Rumah

A. Mencari Tenaga Kerja yang dapat Negosiasi

Tenaga kerja dan biaya merupakan salah satu unsur anggaran terbesar dalam membangun sebuah rumah. Pada tahapan renovasi rumah ini Anda dapat menggunakan jasa kerabat atau teman Anda yang sudah biasa mengerjakan proyek ini.

B. Pemilihan Material Bangunan

Pemilihan material dan bahan baku adalah faktor utama penentu biaya pembangunan rumah. Faktanya, kini semakin banyak material dan bahan baku berkualitas dengan harga relatif terjangkau.

C. Lokasi Pembangunan Rumah

Total keseluruhan biaya pada akhirnya sangat dipengaruhi oleh harga tanah. Makin strategis lokasi tanah yang akan dibeli untuk kemudian dibangun rumah, otomatis makan mahal pula biaya yang harus disiapkan. Agar tak menyesal nantinya, Anda harus memilih dengan seksama.

Desain Tahapan Renovasi Rumah

A. Desain Rumah Minimalis Bergaya Eropa

Sangat mudah untuk mengaplikasikan desain rumah minimalis bergaya Eropa. Gunakan cat berwarna putih untuk eksterior rumah dan variasikan gaya jendela dan atap Anda. Anda ingin memiliki desain rumah minimalis bergaya Eropa ini? Buat perencanaan desain yang baik dan memilih desainer yang tepat serta berpengalaman dengan gaya ini.

B. Rumah Minimalis dengan Sentuhan Batu Alam

Rumah Anda terkesan natural dan tampak modern dengan adanya variasi tekstur dinding eksterior rumah yang dipadukan dengan dinding batu alam hitam keabuan. Buat rumah semakin asri dengan menempatkan taman kecil berisi semak-semak di sekitar rumah.

C. Rumah Minimalis Geometris 3 Lantai

Memiliki keluarga besar namun memiliki lahan yang tidak terlalu luas? tahapan renovasi rumah dengan desain geometris 3 lantai wajib Anda coba. Berikan akses udara segar dengan menambahkan balkon yang berisi taman kecil dengan teralis minimalis.

Sumber : banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *