7 Tips Renovasi Rumah Subsidi Type Minimalis Di Medan

rumah subsidi

Renovasi rumah subsidi memang sering dilakukan sebab rumah subsidi memang perlu perbaikan ulang karena dibangun dengan sifat yang agak ngasal. Lebih dari itu, pembangunan rumah subsidi seolah asal berdiri karena dikejar waktu pengerjaan yang cepat dan harga murah.

Tips Renovasi Rumah Subsidi Minimalis 30/60

1. Lakukan Bertahap

Lima tahun batas waktu kepemilikan minimum yang diberikan untuk bisa merenovasi rumah bersubsidi. Sebelum lima tahun Anda tidak diizinkan merenovasi dalam bentuk membuat rumah jadi bertingkat atau sekedar merubah bentuk bagian depan rumah. Perubaan kecil manambah pagar masih ditoleransi. Keuntungan lain adalah dana yang Anda miliki tidak akan langsung habis.

2. Memerhatikan Luas Tanah

Sesuai aturan, rumah subsidi type 36 mempunyai luas tanah 60 m2 sampai 72 m2. Jika akan melakukan renovasi rumah subsidi, perhatikan ukuran tanah dengan seksama supaya Anda tidak menyesal di kemudian harinya.

3. Jangan Bongkar Habis

Merobohkan bangunan dan memulai membangun dari awal adalah suatu larangan keras dalam aturan rumah bersubsidi. Mengapa? Karena rumah subsidi hanya dibangun untuk keluarga kurang mampu.

Biaya pembongkaran serta pembangunan kembali juga akan lebih atau sama dengan rumah non subsidi, sehingga ada ketidaksesuaian antara akad laporan data yang disetorkan dengan syarat mengambil rumah subsidi.

4. Merenovasi Atap

Atap adalah salah satu konstruksi bangunan rumah subsidi yang boleh direnovasi. Hal ini disebabkan pada rumah bersubsidi banyak terjadi kebocoran atap saat hujan turun. Alih-alih mengganti, coba cek pemasangan atap.

Bukan tidak mungkin Anda hanya perlu merapatkannya karena permasalahan hanyalah pemasangan atap yang terlalu renggang. Jangan lupa juga untuk mengecek pemasangan pipa aliran air pada atap.

5.  Gunakan Material Diskon Atau Bekas

Menggunakan material bangunan bekas yang masih bagus ataupun diskon bisa Anda terapkan dalam merenovasi rumah subsidi. Kayu untuk rangka atap, genteng bongkara, ataupun kusen pintu jendela merupakan beberapa material bekas yang dapat dijadikan pilihan.

Alternatif lain adalah Anda bisa menggunakan material daur ulang seperti keramik lantai ataupun batu bata. Simpan selalu bagian rumah atau perkakas yang tidak terpakai tapi masih bisa digunakan.

6.  Konsep Rumah Subsidi Minimalis

Terapkan konsep minimalis untuk eksterior maupun interior rumah jika memang Anda memiliki dana terbatas untuk renovasi rumah subsidi, sehingga budget yang dikeluarkan tidak membuat kantong Anda jebol.

Baca Juga: Panduan Memilih Jasa Kontraktor Rumah Berpengalaman

Mengurangi dinding atau sekat dalam rumah sehingga rumah terlihat luas merupakan salah satu cara untuk menerapkan konsep minimalis. Cara lainnya adalah dengan metode finishing namun memakai tampilan unfinished. Seperti: Membiarkan lantai maupun dinding memiliki look plesteran sederhana daripada harus memasang keramik atau mengecat.

7.  Aturan dalam Renovasi Rumah Bersubsidi

Anda diizinkan merenovasi rumah minimalis subsidi tipe 36 Anda dengan catatan Anda juga harus lancar dalam membayar angsuran. Jika tidak, bersiap lah atas sanksi yang ditetapkan dan sangat memungkinkan kalau rumah subsidi dicabut. Selain itu juga harus ada laporan pada pihak bank berkaitan proses renovasi rumah bersubsidi sudah sesuai sesuai aturan atau belum.

Pihak bank hanya akan membayar asuransi sesuai tipe rumah saat akad kredit dilakukan (bukan saat ini) apabila kemudian hari terbukti ada hal yang tak diinginkan. Jika ada laporan, apabila ada suatu hal yang tak diinginkan di kemudian hari terjadi maka asuransi dapat mengcover penuh biayanya. Kondisi rumah sesudah direnovasi lah yang akan menentukan biaya asuransi.

Desain Renovasi Rumah Subsidi Bagian Hook

Rumah hook berbeda dengan rumah yang bukan hook. Anda bisa bebas merombak ulang atau mendesain rumah dari tangan pengembang atau kontraktor jika rumah Anda adalah bagian hook. Anda juga mempunyai kesempatan berkreasi dan mendesain ulang dengan landskap property berkat tambahan lahan di samping rumah subsidi hook.

Pemilik rumah subsidi bagian hook seringkali menjadi pemilik rumah dengan tata desain yang paling menarik. Anda bisa melakukan renovasi sederhana pada sisi rumah bersubsidi bagian hook. Misalnya, menambahkan pintu samping sebagai tambahan jalur masuk yang praktis, menambahkan jendela-jendela cantik, hingga menambahkan balkon kecil.

Merenovasi Rumah Subsidi Menjadi 2 Lantai

Menjadi sebuah keharusan ketika rumah subsidi sudah tak lagi mampu menampung jumlah anggota keluarga, maka solusi yang paling hemat adalah merenovasi rumah Anda menjadi 2 lantai dengan jumlah kamar yang sesuai kebutuhan.

Kendalanya selalu ada terutama masalah pendanaan dan desain. Dengan berkonsultasi dan berdiskusi dengan ahlinya, Anda akan diajak membuat sebuah plan/rencana renovasi rumah bersubsidi murah, mudah, dan layak dipakai.

Baca Juga: Jasa Tukang Bangunan Borongan Medan Terbaik dan Terpercaya

Anda sebaiknya memilih sistem pembayaran borongan penuh agar proses renovasi rumah bersubsidi menjadi 2 lantai lebih efektif. Dengan sistem ini Anda mendapat keuntungan harga yang diberikan sudah termasuk biaya jasa dan material (artinya Anda tidak perlu lagi repot membeli sendiri material bangunan), Anda juga bisa membayar biaya renovasi berdasarkan ukuran rumah per meternya.

Biaya Renovasi Rumah Subsidi Sederhana

Hanya dengan membayar sedikit uang muka, kini rumah impian bisa Anda miliki. Tapi ada anggaran ekstra yang perlu disiapkan untuk bisa segera ditempati. Agar benar-benar nyaman sebagai tempat tinggal memang ada beberapa bagian pada rumah hunian baru yang membutuhkan renovasi.

Begitu menerima unit rumah subsidinya, tidak sedikit konsumen yang membenahi instalasi atau pembuangan air. Demi alasan kenyamanan, ada pula konsumen yang sampai harus mengganti daun pintu. Anda yang ingin merenovasi rumah bersubsidi sederhana, simak biayanya berikut ini:

1. Mengganti Engsel dan Daun Pintu

Periksa kondisi daun pintunya setelah Anda membeli rumah bersubsidi. Demi alasan kenyamanan, beberapa konsumen lebih memilih mengganti daun pintu. Per satu paket daun pintu dan engsel, anggaran yang harus disiapkan sekitar Rp 1.000.000.

2. Catan Ulang

Putih adalah warna cat rumah bersubsidi yang biasa digunakan oleh pihak pengembang. Pengecatan ulang menjadi prioritas bagi Anda yang menginginkan warna lain yang lebih sesuai dengan selera. Sekitar Rp 30.000 per meter persegi merupakan anggaran yang harus disiapkan jika Anda berkeinginan melakukan renovasi sederhana dengan pengecatan ulang.

3. Menambah Saniter

Merasa tidak cocok dengan model dan merek saniter yang ditetapkan pengembang? Anda bisa melakukan sedikit penghematan dengan memesan khusus penggantian saniter dengan catatan jika bangunan belum jadi. Sekitar Rp 3.000.000 untuk kloset duduk dan sekitar Rp 200.000 untuk shower adalah biaya tambahan yang harus Anda siapkan.

Rekomendasi Tukang Renovasi Rumah yang Berpengalaman

Rekomendasi tukang renovasi rumah yang berpengalaman pasti sangat dibutuhkan oleh Anda yang saat ini mempunyai keinginan untuk merenovasi rumah. Namun sayangnya, tukang renovasi rumah yang berpengalaman ada banyak sekali bahkan di tiap-tiap daerah pasti ada.

Di Medan misalnya, Anda bisa mempercayakan renovasi rumah serta renovasi desain interior pada “Bana Mitra” Jasa Renovasi Dan Pembangunan Rumah yang beralamat di Jalan Setia Budi Pasar 1 Medan. Ada juga layanan dari “Solusi Mitra Bangunan” Jasa Kontraktor Bangunan Rumah” yang beralamatkan di Jalan Tangkul No. 80F Medan Tembung.

Terimakasih saya ucapkan telah mengunjungi situs ini, pesan serta saran kami terima dengan hati dan anda dapat menghubungi kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *