Mau Renovasi Rumah Type 36 Di Medan Ada Caranya?

renovasi rumah type 36

Renovasi rumah type 36 medan bukanlah urusan yang mudah, karena rumah ini termasuk dalam jenis rumah berukuran kecil, yang diperuntukan untuk dihuni 3 sampai 4 orang saja, atau dengan kata lain rumah ini diperuntukan bagi keluarga muda yang menginginkan hunian yang layak.

Merenovasi rumha type 36 harus pernuh pertimbangan dan perencanaan yang matang agar fungsi bangunan dan luasan tanah tepakai secara efektif dengan kesan yang tetap terlihat luas, sehinnga anggota keluarga penghuni rumah nyaman dan aman didalamnya.

Dalam artikel ini kami akan memaparkan beberapa tips yang mungkin dapat anda terapkan dan menjadi tambahan wawasan anda dalam merehap rumah type 36 anda.

Renovasi Type 36 Medan

Mengaplikasikan warna-warna baru saat renovasi rumah

Suasana rumah kadang kalanya menjadi kurang nyaman saat warnanya sudah memudar dan tampak usang. Oleh karenanya Anda bisa membuat suasana rumah jadi lebih hidup dan fresh, misalnya dengan mengaplikasikan warna-warna baru saat renovasi. Jangan lupa juga untuk memperhatikan warna-warna perabotan dan furniture saat melakukan renovasi.

Mengaplikasikan pola floral agar ruangan di rumah tampak meriah

rumah type 36

Photo by@iamfashion_bytrinh

Cara renovasi rumah 36 yang hemat budget lainnya adalah melakukan finishing ulang pada perabotan atau furniture seperti sofa, meja, atau karpet lantai. Untuk menciptakan suasana ruangan yang lebih meriah, Anda juga bisa mengaplikasikan pola floral.

Memperkaya material desain

Apabila Anda merasa masih ada yang kurang, tidak ada salahnya untuk menambah kekayaan visual pada ruangan di rumahmu menggunakan material yang berbeda. Anda bisa mulai menggunakan batu alam atau wallpaper dinding untuk diaplikasikan pada dinding rumah. Pertimbangkan pula penggunaan material karpet bulu pada lantai dan cermin pada hiasan dinding.

Baca Juga: Biaya Renovasi Rumah Tidak Perlu Mahal, Ada Caranya?

Mengganti pencahayaan lama

Apabila suasana rumah Anda terasa suram, mungkin yang Anda perlukan adalah menata ulang pencahayaan yang Anda miliki. Jika mau, Anda juga bisa mengkombinasikan jenis lampu yang sesuai dengan gaya ruang dan kebutuhan, mulai dari lampu spotlight, lampu gantung, hingga lampu dekorasi yang juga harus Anda maksimalkan.

Mengupdate gaya rumah melalui furniture baru

Salah satu tujuan utama seseorang melakukan renovasi rumah adalah agar rumahnya tidak ketinggalan zaman dan tetap bisa mengikuti trend yang ada. Oleh karenanya Anda harus mempertimbangkan baik-baik untuk mengganti gaya dari furniture lamamu saat renovasi rumah.

Biaya Renovasi Atap Rumah

Apabila Anda ingin melakukan renovasi atap rumah type 36 menggunakan baja ringan, itu artinya Anda harus mengetahui terlebih dulu bentuk dari atap yang akan direnovasi. Misalnya, atap yang akan direnovasi berbentuk persegi panjang, silakan Anda ukur panjang dan lebarnya lalu kalikan dengan angka ‘2’. Untuk lebih jelasnya, silakan simak detail perhitungannya berikut ini.

Contohnya, apabila panjang dan lebar atapnya = 12 m dan 3 meter maka luasnya 12 m x 3 m x 2 = 72 meter persegi.

Lalu untuk mengetahui total biaya renovasi atap rumah yang dibutuhkan Anda harus tahu harga baja ringan per meter perseginya. Tentu saja untuk mengetahui harga baja ringan Anda harus melakukan survei ke beberapa toko baja ringan terdekat. Misalnya apabila perkiraan harga baja ringan saat ini Rp 150.000,00 per meter persegi dan harga finishing pemasangannya sekitar Rp 50.000,00 per meter persegi, maka besar biaya yang diperlukan sebagai berikut.

Harga Baja Ringan + Harga Finishing Pemasangan = (72 x Rp 150.000,00) + (72 x Rp 50.000,00) = Rp 14.400.000,00.

Itu artinya biaya yang harus Anda siapkan untuk renovasi atap rumah menggunakan baja ringan sebesar Rp 14.400.000,00.

Biaya Renovasi Kamar

Jangan pernah implusif saat membeli dekorasi

Pada dasarnya kamar digunakan sebagai tempat untuk beristirahat, jadi penggunaan dekorasi yang berlebih tentu saja akan membuat penghuninya kesulitan untuk tidur. Anda hanya perlu memilih dekorasi yang esensial, misalnya tirai untuk menutup silau sinar matahari atau kolase bingkai foto yang bisa Anda gunakan untuk memajang foto keluarga.

Memanfaatkan furniture yang masih layak dipakai

Biaya renovasi kamar type 36 bukan berarti membuat Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk pembelian furniture atau dekorasi. Apabila furniture yang ada memang masih bisa dipakai, maka tidak ada salahnya untuk menggunakannya furniture lamamu tersebut. Untuk menciptakan tampilan yang baru pada ruang tidurmu, silakan kreasikan saja furniture lama Anda menjadi hiasan rumah yang dekoratif dan inspiratif.

Memainkan pengunaan warna

Apabila Anda memiliki dana pas-pasan untuk renovasi kamar, maka Anda tidak perlu melakukan renovasi secara menyeluruh. Cukup dengan memperhatikan perpaduan warna elemen yang ada di kamarmu. Seperti mengganti warna sprei, mengganti warna cat kamar, atau menggunakan model tirai kamar yang berbeda.

Perhatikan struktur bangunan sebelum renovasi kamar

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan dengan baik struktur bangunan kamar sebelum memulai renovasi. Untuk menghemat biaya renovasi kamar, ada baiknya Anda berfokus untuk memperbaiki struktur yang rusak saja. Tentu saja yang demikian juga bisa menghemat energi dalam merenovasi kamar.

Mengaplikasikan teknik do it yourself

Apabila untuk membeli dekorasi baru butuh biaya yang cukup mahal, maka altenatif lain adalah dengan memanfaatkan kayu palet bekas untuk dijadikan sebagai headboard unik. Atau, Anda juga bisa membuat bingkai foto yang unik dan menggunakan kardus bekas menjadi sebuah rak buku yang sangat praktis.

Biaya Renovasi Interior

renovasi rumah medan

Photo by@iamfashion_bytrinh

Memanfaatkan inventaris interior lama

Berbicara mengenai biaya renovasi interior rumah type 36 medan pada dasarnya tidaklah butuh dana yang cukup banyak, asalkan Anda tahu bagaimana cara renovasi interior dengan budget minim. Misalnya saja dengan memanfaatkan inventaris interior lama yang masih layak dipakai.

Menggunakan material pengganti

Untuk renovasi interior dengan menggunakan batu bata maka akan memakan waktu dan biaya yang cukup banyak. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan material gypsum. Selain itu Anda juga bisa memasang karpet bulu dengan motif dan warna yang sesuai dengan furniture maupun perabotan yang ada di kantor Anda.

Melakukan tender

Langkah yang berikut ini juga bisa menghemat biaya dalam renovasi interior tetapi juga bisa memakan waktu dan biaya, sebab Anda butuh orang khusus untuk menanganinya. Oleh karenanya agar lebih mudahnya Anda bisa sewa jasa renovasi interior untuk membantumu dalam membuat proses tender.

Baca Juga: Cari Jasa Tukang Bangunan? Lebih Baik Borong Atau Harian

Step by step

Apabila Anda memang memiliki dana terbatas untuk renovasi interior, maka sangat disarankan sekali agar Anda tidak melakukan renovasi secara terburu-buru. Sebaiknya kerjakan dulu ruangan yang diperlukan untuk awali operasional bisnis. Jika sudah, baru Anda bisa melakukan renovasi tambahan yang lain.

Biaya Renovasi Kamar Mandi

Mengaplikasikan desain kamar mandi bertema putih

Dalam renovasi kamar mandi rumah type 36 Anda pastinya juga tidak harus mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Untuk menciptakan tampilan baru dalam kamar mandi lamamu Anda bisa mencoba mengaplikasikan desain kamar mandi bertema putih. Meskipun tampak sederhana, tetapi Anda juga perlu menerapkan fokus utama pada desain kamar mandi Anda tersebut, misalnya dengan menggunakan furniture yang dibutuhkan.

Sudut toilet yang apik dan storage ekstra

Desain kamar mandi sederhana juga butuh kabinet ekstra tanpa harus terlihat penuh atau berantakan. Misalnya dengan memanfaatkan ruang kosong di sekitar kloset dengan nuansa putih dan sebuah keranjang berwarna coklat. Dijamin kegiatan di kamar mandi akan membuat penghuninya betah berlama-lama.

Dekorasi unik untuk kamar mandi minimalis yang cantik

Dekorasi kamar mandi minimalis yang tepat bisa menambah unsur elegan yang akan membuat penghuninya lebih betah berada di dalamnya. Jangan lupa untuk melengkapi kamar mandimu dengan beberapa dekorasi kekinian, bila perlu Anda juga bisa menambahkan nuansa khas lain dengan mengaplikasikan karpet ikat yang memiliki kualitas tahan pakai dan mudah dibersihkan.

Biaya Renovasi Dapur

Mengecat ulang kabinet dan dinding dapur

Agar Anda bisa lebih hemat saat renovasi rumah type 36 medan maka Anda bisa mencoba membikin kabiet dan dinding tampil lebih fresh. Misalnya dengan mengecat kabinet dan dinding dengan warna cat baru yang lebih kilap. Biaya renovasi dapur yang perlu Anda siapkan tidak terlalu banyak, yakni sebesar Rp 450.000,00 – 500.000,00.

Mengganti perkakas lamamu

Mengganti perkakas yang sudah lama dengan yang baru pada dasarnya bukan hanya untuk ikut-ikutan perkembangan zaman, tetapi demi kecantikan dan keindahan penampilan dapurmu. Misalnya, apabila oven aluminium yang Anda miliki sudah terlihat kusam, maka Anda bisa menggantinya dengan oven yang lebih futuristik yang menggunakan tenaga listrik.

Mengganti bagian ubin dapur

Ini mungkin jarang sekali dipikirkan oleh orang lain, tetapi mengganti ubin dapur baru bisa menyegarkan mata bagi siapa pun yang memandang. Apalagi jika ubinnya memiliki motif atau warna yang berbeda. Bila mau, Anda juga bisa mencoba mengganti ubin keramik dengan kayu.

Terimakasih saya ucapkan telah mengunjungi situs ini, pesan serta saran kami terima dengan hati dan anda dapat menghubungi kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *