7 Tips Renovasi Rumah Type 36 agar Terlihat Lebih Luas

renovasi rumah type 36

Rencana renovasi rumah type 36 penting untuk direncanakan dengan matang sebelum Anda memutuskan untuk memakai jasa tukang bangunan. Mengapa demikian? Karena Anda harus mengetahui sejauh mana renovasi tersebut akan dilakukan dan biaya yang akan Anda keluarkan.

Perencanaan yang matang akan berpengaruh pada perkiraan biaya renovasi dan kesiapan Anda memperdiksi kemungkinan-kemungkinan yang akan timbul diluar butget yang Anda miliki. Contohnya renovasi rumah type 36 agar terlihat luas pada bangunan rumah tinggal Anda, diperlukan perhitungan anggaran renovasi rumah type 36 yang matang.

Karena Anda dituntut untuk memutuskan renovasi yang akan dilakukan secara keseluruhan ataukah hanya dapat ruangan per ruangan saja, akan tetapi jika dilakukan secara bertahap sudah dapat dipastikan cara renovasi rumah type 36 akan memakan waktu yang lama dan resiko biaya yang tidak terduga semakin besar.

Cara Renovasi Rumah Type 36

Ada dua cara untuk menggunakan jasa tukang bangunan. Yakni, sistem harian atau borongan, pada dasarnya kedua sistem ini hanyalah bersifat kesepakatan yang saling meguntungkan antara kedua belah pihak.

Menggunakan Tukang Borongan

Sistem borongan tidak akan terikat dengan waktu pengerjaan proyek, karena pembayaran tukang dilakukan di muka. Ada dua macam sistem pembayaran borongan, yaitu:

A. Borongan Upah Tenaga

Sistem borongan upah tenaga yang diberikan secara borongan keseluruhan maupun kontrak per item pekerjaan, bahan bangunan sudah disediakan oleh pemilik bangunan atau orang yang Anda percayakan untuk mengadakan meterial bangunan. Jadi yang perlu Anda bayar hanyalah upah tukang untuk setiap pekerjaan yang mereka lakukan.

Borongan upah tenaga bisa dibilang lebih menghemat biaya. Tidak hanya itu saja, borongan upah tenaga juga dapat lebih menguntungkan dibandingkan dengan sistem keseluruhan.

B. Borongan Full

Sistem borongan full atau lebih dikenal borong keseluruhan pekerjaan hingga selesai? Menggunakan sistem ini, berarti Anda harus mengeluarkan upah tukang dan ongkos pembelian material yang Anda percayakan keseluruhan pada pekerja atau kontraktor yang akan mengerjakan renovasi rumah type 36 tersebut.

Namun, biasanya kontraktor atau pemborong renovasi rumah type 36 akan menempatkan mandor bangunan yang dipercaya yang akan mengelola semua pekerjaan terkait sumber daya pekerjanya dilapangan.

Kelebihan dari sistem pembayaran tukang dengan cara borongan full adalah pengerjaan lebih cepat dan biaya renovasi rumah type 36 relatif lebih murah. Sedangkan kekurangannya adalah tukang yang dibayar borongan biasanya akan kurang memerhatikan kualitas pekerjaaan dan biasanya ingin buru-buru selesai karena mereka berorientasi pada keuntungan yang mereka akan dapatkan jika bekerja lebih cepat.

C. Tukang Harian

Seperti namanya, jelas tukang bangunan dibayar per-hari, jika Anda melakukan renovasi rumah type 36 dalam skala kecil, pilihlah pembayaran dengan sistem harian. Contoh renovasi rumah type 36 dalam skala kecil adalah pemasangan lantai keramik, penggantian jendela dan pintu atau pengecetan interior ruangan yang sifatnya hanya pekerjaan sisipan yang dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Kelebihan dari sistem pembayaran tukang harian adalah tukang seolah dipaksa untuk terus bekerja sehingga proses pembangunan lebih efektif. Sebaiknya, seluruh bahan material sudah tersedia, hal ini bertujuan untuk menghemat biaya tukang, karena pekerja tidak perlu memikirkan material, mereka hanya tinggal mengerjakannya saja secara baik dan benar.

Sedangkan kekurangannya adalah Anda harus mengawasi kerja tukang secara terus-menerus. Jika tidak, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek semakin lama dan semakin banyak pula upah yang akan mereka terima, karena mereka terkesan akan mengulur waktu kerja dalam menyelesaikan pengerjaannya.

Apapun pilihan Anda dalam memilih sistem pembayaran tukang, sebaiknya Anda memertimbangkan sesuai dengan kebutuhanmu akan kebutuhan renovasi rumah type 36 dan kemampuan Anda.

Renovasi Rumah Type 36 agar Terlihat Luas

Anda pasti tidak ingin pekerjaan renovasi rumah type 36 Anda sama dengan konsep orang lain sehingga terkesan ikut–ikutan. Alasan inilah yang melandasi arsitek desain renovasi rumah desain type 36 menyediakan berbagai desain hunian dan model yang bisa Anda jadikan referensi, sehingga membantu Anda untuk menentukan konsep dan desain tempat tinggal yang ingin Anda bangun.

Renovasi Rumah Type 36/72

Renovasi Rumah Type 36/72

Rumah type 36 adalah rumah yang mempunyai luas bangunan efektif 36 meter persegi. Pada umumnya, rumah tipe 36 dapat dibangun di atas tanah seluas 60 meter persegi atau 72 meter persegi. Nah, renovasi rumah type 36/72 artinya rumah tersebut mempunyai luas bangunan sebesar 36 meter persegi, dan luas tanah 72 meter persegi, atau Anda akan memperluas bangunan efektif 36 meter persegi menjadi 72 meter persegi.

Renovasi Rumah Type 36/90

Renovasi Rumah Type 36/90

Hampir sama dengan rumah type 36/72 rumah type ini juga memiliki ukuran bangunan efektif 36 meter persegi, hanya saja banyak deplover perumahan menawarkan dengan berbagai pilihan luasan lahan yang bervariasi, tentu saja tujuanya adalah untuk mempermudah Anda jika dimasa depan akan memperluas rumah Anda.

Renovasi Rumah Type 36/60

Renovasi Rumah Type 36/60

 

Rumah type tersebut termasuk ke dalam kategori rumah minimalis, karena isi di dalam rumah tersebut biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur, dan 1 kamar mandi. Tak heran, rumah type 36/60 banyak dipilih oleh kalangan menengah, pasangan yang baru menikah atau keluarga kecil dengan satu anak. Lantaran ukurannya yang kecil, banyak yang menganggap rumah type ini adalah rumah yang sederhana yang multi fungsi.

Renovasi Rumah Type 36/108

Renovasi Rumah Type 36/108

Begitu juga rumah type 36/108 adalah rumah type 36 dengan luasan tanah yang paling lebar, karena memiliki rluas kapling 108 meter persegi, ini cukup untuk membangun rumah type 36 menjadi rumah type yang lebih besar. Tetapi tetap harus disesuaikan dengan fungsi dan jumlah anggota keluarga yang akan menghuni di dalamnya, karena rumah yang ideal adalah rumah yang dibangun dengan mempertimbangkan fungsi dan efektifitas rumah tersebut dalam biaya pembangunan dan kegunaannya.

Renovasi Rumah Type 36 yang Bagus

Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda lakukan dalam renovasi rumah type 36 yang Anda miliki agar dengan biaya efisien tetapi Anda dapat menjadikan rumah Anda terlihat baru dan nyaman untuk ditinggali.

Mengganti Prabot Rumah

Perabot tua yang terkesan membosankan biasanya adalah ciri utama dari rumah lama. Di sini, Anda punya dua pilihan untuk mensikapinya, memperbaiki prabot lama atau membeli yang baru. Jika memperbaiki prabor rumah tangga lama, lakukan pengecatan ulang dan diupayakan semaksimal mungkin untuk merekondisi semua bangian prabot yang sudah tidak layak pakai.

Seperti kitchen set, nakas, kabinet, atau perabot lain. Kesan yang berbeda pada ruangan dengan biaya yang terbatas bisa Anda berikan dengan cara ini. Namun, jika Anda lebih memilih membeli yang baru, untuk mendukung interior Anda agar terlihat segar maka pilih furnishing modern. Mulai dari menambahkan lukisan pop art, menambahkan lampu gantung, bantal sofa, atau karpet baru dengan tekstur dan warna-warna berani.

Mengganti Lantai

Ini adalah pilihan opsional, meski pada rumah tua Anda akan berdampak drastis. Belakangan ini untuk melapisi lantai, perumahan baru lebih memilih granit atau homogenous tile. Anda akan betah berlama lama di rumah karena material tahan lama dan tampilannya lebih segar. Selain melapisnya dengan keramik, Anda juga memiliki banyak pilihan lain dengan memasang parket atau vinil lantai yang memiliki biaya lebih murah dan pekerjaan yang cepat

Mengganti Warna Dinding

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengganti tampilan dinding, yaitu dengan menempel wallpaper atau mengecat ulang. Namun diperlukan anggaran cukup besar untuk kedua cara tersebut. Finishing dinding cukup di berikan atau bahkan dengan memberikan dekorasi prabor gantung gaya industrial.

Anda bahkan bisa menghias dinding dengan kreatifitas Anda sendiri. Misalnya, untuk membuat tekstur dinding timbul, tempelkan bubur kertas koran sebelum melakukan pengecatan, atau melukis sisi tembok dengan gambar abstrak atau pop art.

Ganti Fungsi Ruang

Denah pembagian ruang pada rumah tua umumnya tidak efektif. Misalnya, dapur yang sangat panjang, kamar tidur sangat sempit, dan ruang tamu begitu luas. Penambahan celah di ruangan yang dirasa terlalu luas bisa menjadi ide bagus untuk diterapkan. Alternatif lain adalah dengan pengalihan fungsi. Misalnya, separuh ruang tamu dijadikan garasi dan sebagian dapur disatukan dengan kamar.

Desain yang Sesuai

Mulailah menggambar desain yang Anda inginkan sekitar enam bulan sebelum jadwal renovasi. Berkonsultasi dan lakukan riset dengan teman atau bahkan ahli desain. Cari referensi kontraktor atau tukang bangunan sesuai anggaran dan kebutuhan setelah rancangan Anda cukup matang. Setelah itu barulah Anda melakukan survei ke toko-toko bangunan dalam tempo waktu tiga bulan setelahnya.

Anda bisa mencari alternatif lain untuk beberapa bahan yang dirasa terlalu mahal. Jangan lupa untuk menghubungi pihak kontraktor untuk membicarakan rencana renovasi rumah. Mulailah membeli bahan-bahan yang telah direncanakan dalam tempo waktu dua bulan sebelum renovasi. Mulailah membenahi ruang yang akan direnovasi dalam kurun waktu satu bulan menjelang pengerjaan proyek. Keluarkan barang-barang Anda, supaya tidak mengganggu atau rusak barang-barang dan rumah Anda. Sehingga saat hari H Anda tak lagi repot untuk beres-beres.

Memilih Material yang Berkualitas

Setiap orang termasuk Anda tentu menginginkan bisa renovasi dengan biaya murah namun kualitas tinggi. Berikut 2 material renovasi rumah yang murah dan berkualitas tinggi:

A. Menggunakan Lemari Dapur Stock, Semi-Kustom atau Refinished

Opsi lemari stock berkualitas baik, lemari semi-kustom, lemari kustom, atau lemari refinished bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menghemat material renovasi.  Bagaimanapun, salah satu bagian paling mahal dari proyek renovasi rumah di ruang dapur adalah lemari dapur. Harga lemari stock tembus Rp 80.000 hingga Rp 4.000.000, lemari semi-kustom Rp 1.500.000 hingga Rp 10.000.000, lemari kustom Rp 5.000.000, dan lemari refinished Rp 14.000.000.

B. Menggunakan Keramik Tile Over Stone

Meski harga terbilang sangat murah, ubin keramik bisa menjadi faktor ubin Anda menjadi sinkron dengan interior lainnya. Keramik tile over stone tidak seperti lantai kayu artificial yang tidak memiliki kehangatan dan tekstur yang asli. Keramik tile over stone merupakan keramik yang berkualitas tinggi, namun dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan batu alam yang harganya hingga ratusan ribu per meter persegi. Selain itu, biaya pasang keramik juga lebih murah.

Biaya Renovasi Rumah Type 36

Paket borongan kontraktor biasanya menawarkan biaya renovasi rumah type 36 per meter ruangan. Tergantung tingkat kesulitan dan kualitas yang diinginkan, maka harga akan sangat bervariasi. Tapi umumnya paket renovasi rumah per meter persegi sistem borongan berkisar 2.500.000 – 4.000.000. Misalnya kita mempunyai rumah ukuran 36 m2 dan ingin melakukan renovasi total, maka biaya renovasinya adalah Rp 2.500.000 x 36m2 = Rp 90.000.000. Anda bisa mengkalkulasikan perhitungan diatas dengan ukuran rumah yang akan dilakukan renovasi.

Anggaran renovasi rumah type 36 akan berbeda pada setiap pekerjaan karena setiap item pekerjaan memiliki harga yang berbeda-beda, selain itu harga material dan lokasi pekerjaan menjadi parameter harga yang utama. Anggaran biaya renovasi rumah type 36 ini juga dapat berubah seiring dengan naik turunnya material dan ongkos angkut yang berubah-ubah pula.

Sumber : banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *