5 Cara Membuat Estimasi RAB Renovasi Rumah Beserta Contohnya

rab renovasi rumah

Rab Renovasi rumah umumnya dibuat agar dapat mengontrol dan mengestimasikan butget pembangunan yang relevan dengan sedain rencana pembangunan yang ada. Tentunya skala renovasi rumah yang bisa dilakukan untuk bermacam-macam jenis pekerjaan dan kebutuhan pembangunan, ada yang skala renovasi pekerjaan kecil ada pula yang besar.

Satu hal yang perlu diperhatikan pada saat akan melakukan renovasi rumah adalah terlebih dahulu merencanakan rab renovasi rumah yang relevan dengan desain dan kebutuhan rumah yang akan di renovasi. Apa yang dimaksud dengan rab? Pada dasarnya, rab renovasi rumah merupakan penyebutan singkat dari Rancangan Anggaran Biaya yang diperlukan untuk merencanakan anggaran biaya pekerjaan renovasi ataupun pembangunan rumah.

Sudah pasti, fungsi dari rab itu sendiri adalah agar Anda bisa lebih mudah dalam mengetahui estimasi biaya dari proses renovasi yang akan dilakukan, sehingga Anda bisa mempersiapkan dana yang diperlukan untuk dapat di pertimbangkan secara lebih matang.

Untuk membantu Anda dalam mengetahui perkiraan dari parameter biaya yang akan diperlukan untuk pekerjaan renovasi rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, berikut ini akan dijelaskan beberapa hal terkait dengan rab renovasi rumah. Ulasan dibawah ini juga akan dilengkapi dengan contoh rab renovasi rumah dan cara hitung rab renovasi rumah yang dapat Anda sesuaikan.

Cara Hitung RAB Renovasi Rumah

Menentuka harga satuan pekerjaan konstruksi termasuk untuk renovasi rumah diperlukan satuan acuan dasar yang merupakan analisa biaya konstruksi (analisa harga satuan pekerjaan) yang sejalan dengan perkembangan kebutuhan serta pendayagunaan SDA dan SDM kini menggunakan acuan dasas SNI (Standar Nasional Indonesia).

Prinsip dasar pada perhitungan rab renovasi rumah yang menggunakan metode SNI ini terdiri dari 3 bagian, yaitu daftar koefisien bahan bangunan, upah tenaga, dan sewa peralatan.

Download Analisa Harga Satuan (SNI) 2019 Terbaru

RAB Renovasi Rumah 2 Lantai

Proses perencanaan renovasi rumah akan sulit untuk dilakukan tanpa bantuan jasa profesional pembangunan rumah yang sudah berpengalaman, baik itu dalam bentuk jasa kontraktor ataupun jasa tukang bangunan. Mulai dari proses perencanaa hingga proses renovasi. Anda tentunya membutuhkan detail dan masukan dari sudut pandang pihak yang dianggap ahli dibidang pembangunan dan konstruksi.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah sebelum proses pembuatan rab renovasi rumah 2 lantai adalah dengan menghitung biaya bangun rumah yang umumnya dihitung dalam ukuran per meter persegi. Tentukan terlebih dahulu seberapa luas rumah yang akan Anda bangun, yang sudah pasti juga harus sesuai dengan luas tanahnya.

Harga pasaran proses renovasi sebuah rumah 2 lantai ada di kisara harga antara Rp 2.200.000 hingga Rp 3.000.000 per m2. Estimasi dari biaya tersebut relative, sebab selain disesuaikan dari kerumitan renovasi rumah yang akan dilakukan, juga perlu pula disesuaikan dengan kualitas material atau bahan bangunan yang akan digunakan.

Ketika Anda akan merencanakan pembuatan rab harus tahu terlebih dahulu langkah-langkah yang diperlukan dalam proses renovasi rumah. rab yang akan dibuat dalam bentuk tabel harus mampu menjelaskan uraian pekerjaan yang akan dilakukan secara terperinci dan jelas, bahan bangunan yang dibutuhkan lengkap dengan jumlah yang diperlukanm hingga harga satuan dari bahan bangunan yang diperlukan dapat dilihat dan dipahami denga mudah.

RAB Renovasi Rumah Minimalis

Untuk merencana renovasi rumah dengan desain minimalis, etimasi rab harus dibuat secara terperinci dengan berdasarkan analisa harga satuan baik SNI maupun harga perkiraan. Sedangkan urutan tahapan yang harus dilalui adalah dengan menentukan gambar desain bangunan terlebih dahulu.

Kemudian menentukan spek material da harga yang akan di gunakan dalam proses pembangunan, setelah kedua hal tersebut lengkap, barulah Anda dapat menghitung etimasi rab yang sesuai dengan butget yang Anda miliki. Selain itu hitung pula volume pekerjaan, harga upah kerja dan lama waktu kerja dalam proses pembangunan, stp by step pekerjaa harus di susun secara terperinci dan sitemastis.

RAB Renovasi Rumah Sederhana

Membuat perhitungan rab renovasi rumah sederhana sejatinya juga bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Setidaknya untuk bisa mengetahui estimasi dari biaya renovasi rumah yang akan Anda lakukan itu, Anda bisa mulai dengan melakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini.

A. Mempersiapkan Gambar Kerja

Gambar kerja bisa dijadikan sebagai acuan dasar untuk dapat menentukan jenis pekerjaan yang akan dimasukkan dalam perhitungan rab. Selain itu juga dapat menentuan volume pekerjaan. Gambar kerja juga dipakai untuk menentukan spesifikasi dan ukuran bahan bangunan yang diperlukan dalam pembangunan. Penggunaan gambar kerja bisa pula memudahkan perhitungan volume pekerjaan dalam dan dasar kesepakatan nilai kontrak dalam pembangunan.

B. Menghitung Volume Pekerjaan

Untuk dapat mengetahui volume pekerjaan, Anda bisa mengetahuinya dengan cara mengkalkulasika harga satuan pekerjaan per meter dikalikan dengan luasan volume pekerjaan yang akan dilakukan. Anda harus mampu menganalisa setiap item pekerjaan yang akan dilakukan dalam proses renovasi rumah.

C. Menentuka Harga Satuan Kerja

Menentuka harga satuan kerja dilakukan dengan cara menentukan upah kerja dan juga harga bahan atau material yang berdasarkan pada harga pasaran di sekitar lokasi wilayah yang akan Anda renovasi. Sebelum menentukan upah, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa sudah ada kesepakatan antara Anda sebagai pemberi upah dengan para tukang bangunan yang akan melakukan pekerjaannya.

D. Menghitung Jumlah Biaya Pekerjaan

Bagaimana cara menghitung jumlah biaya pekerjaan, Anda harus melakukan perhitungan dari jumlah biaya pekerjaan yang muncul dalam setiap rencana renovasi, mulai dari bongkaran, pembanguna hingga unsur lainnya yang menyebabkan muncul item biaya. Caranya yaitu mengalika harga satuan dengan volume dari pekerjaan.

Contoh dari perhitungan jumlah biaya pekerjaan itu misalnya seperti perhitungan biaya pemasangan ubin per meter persegi yang dikalikan dengan biaya upah pekerja permeternya.

E. Proses Rekapitulasi

Rekapitulasi adalah langkah pengumpulan total setiap sub pekerjaan secara keseluruhan. Ada beberapa sub pekerjaan, misalnya seperti pekerjaan persiapan, pekerjaan galian tanah dan penimbunan, pekerjaan pemasangan bakisting dan pengecoran serta lain sebagainya. Setiap pekerjaan tersebut akan dilakukan penjumlahan sehingga jumlah keseluruhan biaya renovasi rumah yang dibutuhkan pun akan diketahui.

Contoh RAB Renovasi Rumah

Proses renovasi rumah tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun masing-masing orang tentu juga memiliki selera dan budget yang berbeda. Jika saat ini Anda hanya memiliki dana yang terbatas, maka proses renovasi masih bisa dilakukan dengan cara mengoptimal butget, seperti contoh rab berikut ini.

BahanHarga SatuanJumlah
0.75 m2 kerikil@Rp 150.000   =Rp 125.000,00
6 zak semen 50 Kg@Rp 100.000   =Rp. 600.000,00
0.75 m2 pasir@Rp. 95.000=Rp. 80.000,00
Jumlah Total Harga Bahan  =Rp. 805.000,00
UpahHarga SatuanJumlah
0.275 tukang batu@ Rp 96.000,00 = Rp 45.000,00
0,028 kepala tukang batu@ Rp 200.000,00= Rp 5.600,00
1,65 pekerja@ Rp 90.000,00    = Rp 145.000,00
0,083 mandor@ Rp 90.000,00= Rp 7.470,00
Jumlah Total Upah    = Rp 203.070,00
PeralatanHarga SatuanJumlah
0,4819 concrete mixer@ Rp 60.000,00  =Rp 39.276,00
0,0633 water tanker@ Rp 150.000,00   = Rp 10.596,00
0,4819 concrete vibrator@ Rp 22.000,00   = Rp 13.601,00
1,0000 alat bantu@ Rp 4.000,00= Rp 4.000,00
Jumlah total alat    = Rp 103.363,00

Berdasarkan daftar rab renovasi rumah di atas untuk renovasi rumah dengan pekerjaan yang dimulai dari membangun tembok membutuhkan biaya sekitar Rp. 1.200.000 per m2.

Download Rab Renovasi Rumah Excel

Perhitung RAB Renovasi Rumah

Harga tersebut sudah termasuk bahan bangunan serta upah pekerja. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya finishing yang tentunya membutuhkan biaya yang lebih besar, sekitar Rp. 1.500.000 per m2.

= Jumlah harga bahan + Jumlah harga upah + Jumlah harga peralatan

= Rp 805.000,00 + Rp 203.070,00 + Rp 103.363,00

= Rp 1.183.433,00

Setelah mengetahui biaya per m2 yang dibutuhkan, maka Anda kini sudah bisa menghitung rab renovasi rumah dengan budget yang Anda miliki. Caranya dibagi dengan biaya renovasi rumah permeter persegi yang telah diketahui tadi, yaitu sebesar Rp 1.200.000. Dengan budget yang terbatas juga setidaknya Anda bisa merenovasi rumah yang luasnya dapat Anda sesuaikan sendiri.

rab renovasi rumah

rab renovasi rumah

rab renovasi rumah

Jasa Pembuatan RAB Renovasi Rumah

Juka Anda ingin membuat rab renovasi rumah untuk renovasi rumah memang dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk mengestimasikan secara terperinci. Pastikan bahwa rab tersebut, dibuat oleh pihak yang jujur dan mudah untuk diajak komunikasi.

Saat ini banyak penyedia jasa pembuatan rab renovasi rumah denga harga yang berpariasi, biasanya selain membuat rab mereka juga menawarkan desain perencanaan banguan secara perorangan maupun profesional. Manfaatkan internet dengan bijak sehingga Anda bisa mendapatkan jasa pembuatan rab yang sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Sumber : banamitra.com

tombol action

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *