3 Tahapan Membuat Rab Pembangunan Rumah Tinggal yang Benar

rab pembangunan rumah

Menghitung rencana rab pembangunan rumah tinggal memang tidak semua orang dapat melakukannya, hanya mereka yang memiliki jalur pendidikan dan pengalaman yang cukup lama di bidang bangunan, yang dapat mengestimasikan dan merincikan biaya serta kebutuhan material yang akan di gunakan.

Analisa Rab Pembangunan Rumah

rab pembangunan rumah

Rab Pembangunan Rumah dengan Perkalian Luasan

Analisa rab pembangunan rumah dengan perkalian luasan bangunan efektif, metode ini adalah cara yang paling mudah di lakukan untuk mengetahui biaya pembangunan rumah, tanpa harus mengetahui dasar – dasar ilmu teknik maupun pengalaman di bidang bangunan. Bahkan orang awam sekalipun dapat menghutungnya kebutuhan rab pembangunan rumah dengan cepat dan mudah.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menghitung luasan area rumah yang akan di bangun, dan akan direncanakan untuk berapa lantai? Hal ini sangat di butuhkan untuk mengetahui luasan efektif total bangunan secara keseluruhan yang akan di bangun. Sebagai contoh Anda memiliki tanah dengan luasan 15 x 10 meter, maka luasan tanah Anda adalah 150 meter persegi.

Kemudian Anda merencanakan untuk membangun rumah di area lahan tersebut dengan luasan 9 x 7 meter sehingga luas bangunan efektif yang Anda rencanakan adalah 63 meter persegi. Kemudian Anda harus mencari tahu, atau dapat menanyakan pada orang yang berpengalaman di bidang pembangunan rumah. Mengenai berapa harga pembangunan keseluruhan yang sering mereka kerjakan.

Sebagai contoh harga pembangunan total permeter yang berlaku dikota Medan adalah Rp. 2.500.000,- Harga ini dapat berbeda di setiap wilayah dan spek material yang akan di gunakan.

Maka biaya total yang akan dibutuhkan untuk rab pembangunan rumah dengan desain yang Anda buat adalah luasan efektif 63 meter persegi x biaya pembanguna permeter Rp. 2.500.000 = Rp. 157.500.000 untuk keseluruhan biaya pembangunan rumah.

Rab Pembangunan Rumah dengan Analisa Harga Satuan

Analisa perhitunga harga dengan analisa harga satuan (AHS). Metode ini lebih rumit dari cara yang sebelumnya, juga membutuhkan pengalaman dan ilmu dasar yang harus di pahami terlebih dahulu. Anda harus mengetahui daftar harga satuan pekerjaan yang di butuhkan dalam pembangunan rumah yang akan digunakan sebagai faktor perkalia harga. Namun cara ini banyak di pakai kontraktor bangunan dalam membuat laporan pencapaian pekerjaan proyek.

Untuk cara ini Anda dapat mencari daftar analisa satuan pekerjaan kemudian Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang ada didalamnya. Kemudian Anda harus menghitung volume pekerjaan masing-masing item kerja pada desain banguna Anda. Kelebihan dari cara ini adalah dapat memisahkan dan menganalisa kebutuhan biaya untuk jasa dan bahan yang di butuhkan. Hasil perhitungan akan menjadi perkiraan biaya pembangunan dengan tingkat keakuratan mendekati biaya aktual pembangunan.

Rab Pembangunan Rumah Berbanding Harga Satuan

Analisa perhitungan perkalian volume pekerjaan berbanding denga harga satuan. Cara ini mungkin hampir sama dengan metode AHS, akan tetapi cara ini dapat di permudah dengan menambahkan nilai kuefisien bahan yang sudah di tentukan dalam Analisa Harga Satuan (SNI).

Download Analisa Harga Satuan (SNI) 2019 Terbaru

Caranya dengan dapat mencari referensi harga satuan yang di terbitkan oleh pemerintah setempat, sebagai acuan dasar harga dan perhitungan analisa biaya yang di tetapkan pemerintah.

Tahapannya Anda hanya tinggal menjumlahkan volume masing-masing item pekerjaan dan mengalikannya dengan kuefisien faktor kali yang sudah titetapkan oleh pemerintah. Kemudian Anda tinggal mengkalikannya saja denga harga satuan pekerjaan untuk mendapatka harga pekerjaan per volume pekerjaan yang di butuhkan.

Faktor Penting Rab Pembangunan Rumah

Anda harus mengetahui dan mentaksirkan biaya bahan – bahan bangunan yang akan digunakan, di suatu daerah yang akan menjadi lokasi pembangunan rumah Anda. Biaya bahan bangunan akan tidak sama dan cenderung bervairasi, yang disebabkan berbagai faktor penyebabnya.

Biaya yang ditaksirka harus sudah termasuk biaya transportasi, bongkar dan muat barang, langsiran dan faktor-faktor lain yang dapat menimbulkan biaya dalam proses perjalanan bahan sampai di lokasi pembangunan. Jangan lupa pula memperhitungkan biaya handling dan biaya lainnya yang yang diluar perkiraan.

Mentaksirkan biaya takang atau pekerja, item ini sangat berpengaruh terhadap lama jam kerja tukang. Apakah harus lemur atau tidak, kondisi area kerja, keterampilan dan senioritas tukang menjadi pertimbangan sebagai kelayakan pembayaran upah kerja.

Taksiran biaya peralatan kerja tukang dan alat kerja berat, semua unsur biaya ini akan besar diawal, sehingga harus diperhitungkan dengan baik. Anda harus memperhitungkan biaya pembelian alat kerja, pembangunan gudang penyimpanan dan pagar pembatas.

Estimasi biaya tak terduga, faktor ini perlu di perhitungkan guna mengantisipasi hal – hal yang mungkin akan terjadi di dalam berjalannya pekerjaan, yang tidak terprediksi diawal pekerjaan.

Taksiran keuntungan dan modal kerja kontraktor, yang menjadi tolak ukur keberhasilan suatu proyek, nilai persentase keuntungan 8 – 15% dari nilai kontrak pekerjaan mengacu pada peraturan pemerintah indinesia.

Faktor yang perlu di Perhatikan

Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi rab pembangunan rumah di suatu daerah atau wilayah dapat membesar atau mungkin mengecil tergantung pada hal-hal berikut.

Faktor Lokasi Rumah

Biaya pembangunan sangat dipengaruhi oleh lokasi dan jarak pembangunan terhadap lokasi penyuplay material. Karena akan menimbulkan biaya angkut yang tidak sedikit di setiap item material yang akan di pakai.

Luasan Bangunan

Luasan bangunan menjadi tolak ukur perhitunga harga pembangunan, yang meliputi luasan bangunan efektif dan elevasi lantai pada bangunan.

Jumlah Lantai / Bangunan Bertingkat

Semakin banyak jumlah lantai yang akan di bangun maka akan semakin besar pula biaya yang akan di keluarkan. Untuk biaya pembangunan, hal ini terjadi karena biaya pembanguna rumah 1 lantai akan berbeda dengan 2 lantai.

Dikarenakan biaya pembanguna 2 lantai atau lebih membutuhkan pembangunan struktur terlebih dahulu, pondasi sloof dan bagian struktur lainnya harus diperhitungkan secara terperinci di awal.

Jumlah Ruangan

Jumlah ruangan juga berpengaruh tergadap biaya pembangunan, dari segi pamakaian bahan dan lama pekerjaan pembangunan sekat ruangan yang akan di bangun.

Jenis Material

Pemilihan jenis material yang akan di pakai menjadi spesifikasi wajib dalam menentuka harga pembangunan. Karena spek bahan menjadi faktor utama dan menjadi dasar keberhasilan suatu pekerjaan pembangunan. Kualitan da harga bahan sangat berpengaruh terhadap harga biaya bahan yang dipakai.

Spek bahan bangunan tergantung pada, merk, jenis bahan, ukuran, kualitas dan cara pasang bahan, semua item tersebut akan menimbulka harga yang bervariasi tergantung desain dan keinginan pemilik rumah.

Jasa Renovasi Rumah di Medan

Dalam menghitung anggaran biaya memang diperlukan kehati-hatian yang tinggi. Karena kesalahan dalam perhitungan anggaran biaya akan meyebabkan kerugian bagi pihak pekerja dan juga kerugian pada pihak pemilik bangunan. Ini terjadi dikarenakan kelalaian yang paling sering terjadi dan ketidakmampuan memprediksi kemungkinan biaya akan dikeluarkan dalam proses berjalannya pekerjaan.

Kini Anda dapat menggunakan layanan konsultasi bana mitra secara gratis, jika Anda membutuhkan estimasi anggaran biaya dan pembangunan rumah secara terperinci dan akurat.

Selain itu Anda juga dapat mendesain rumah impian Anda dengan layanan arsitek profesional kami yang di lengkapi dengan analisa harga satuan pembangunan. Sehingga Anda dengan mudah melihat rab pembangunan rumah dengan desain yang Anda inginkan.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *