3 Kelebihan dan Kekurangan Plafon Pvc yang harus Anda Tau

plafon pvc

Banyak cara agar rumah semakin cantik, salah satunya dengan mengandalkan plafon pvc untuk langit-langit rumah. Metode ini mungkin masih asing bagi sebagian orang karena pengaplikasiannya memang sekadar untuk hotel, apartemen, hingga gedung mewah lainnya.

Umumnya masyarakat sering memakai jenis plafon triplek atau gypsum untuk hunian. pvc adalah polimer yang umumnya banyak digunakan untuk membuat pipa air. Pasalnya karena sifat tahan air yang dimiliki pvc. Di era modern seperti sekarang, bahan ini juga kerap digunakan untuk plafon.

Plafon dengan bahan bahan pvc cenderung memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda dari bahan lain. Sebelum menggunakan bahan ini untuk plafon, ada baiknya mengenalinya terlebih dahulu, berikut kelebihan dan kekurangan memakai jenis plafon pvc

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Pvc

A. Kelebihan Plafon Pvc

1. Desain Lebih Elegan dan Modern

Bagi yang bosan atau merasa tidak cocok dengan plafon triplek atau plafon gypsum, Anda bisa beralih ke jenis plafon pvc sekarang juga. Pasalnya desain plafon pvc ini sangat elegan dan modern dibanding plafon triplek yang terkesan monoton.

Banyak varian warna modern yang membuat tampilan rumah semakin cantik dan elegan saat menggunakan plafon ini. Mulai dari putih, abu-abu, biru, kuning, dan warna lainnya. Desainnya juga sangat bersih. Bagi yang ingin memvariasikannya juga bisa dilakukan sesuai keinginan.

Caranya cukup mudah karena tinggal mengecat bagian plafon saja. Plafon rumah ini lebih sejuk dan indah dengan desain yang menarik. Banyak desain dan corak yang tersedia sehingga bisa disesuaikan dengan rumah atau hunian masing-masing.

2. Mudah di Bersihkan dan tidak perlu Pengecatan

Masalah utama pada plafon biasanya mudah kotor dan perlu dicat saat memasangnya. Padahal bagian rumah ini cukup sulit dijangkau, namun tenang saja bagi Anda yang menggunakan plafon pvc. Pasalnya plafon ini cukup mudah untuk dibersihkan.

Pemilik cukup mengelap atau menyapunya saja. Selanjutnya warna plafon jenis pvc akan kembali seperti sedia kala tanpa ada kotor sedikitpun. Gunakan alat pembersih langit-langit rumah yang cocok, mulai dari sapu atau sebagainya. Bagaimana jika warnanya kusam atau tidak seperti baru?

Tenang untuk pemasangan plafon ini, Anda tidak perlu mengecatnya lagi. Namun jika ingin ditambah variasi, pengecatan juga bisa dilakukan. Dengan begitu, Anda tidak perlu menambah pengeluaran untuk membeli cat.

3. Tahan Air dan tidak Berjamur

Kelebihan plafon berjenis pvc buka hanya mudah untuk dibersihkan saja tapi juga tahan air. Plafon ini juga tidak mudah ditumbuhi jamur di permukaannya. Pengaplikasiannya tentu menguntungkan karena rumah terhindar dari kebocoran ketika musim penghujan datang.

Pada dasarnya bahan pvc memang dirancang untuk menahan air karena memiliki bahan dasar pipa. Sehingga plafon pvc bekerja sangat baik untuk menahan air yang menetes di permukaannya. Buka hanya tahan terhadap air saja, plafon pvc juga tidak mudah berjamur.

Hal tersebut membuat kesan tetap awet dan tampilannya tidak terganggu. Dari sisi perawata hal ini juga sangat menguntungkan. Mengingat bahan pvc tidak membutuhkan banyak perawatan khusus. Terutama bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang terlalu banyak.

B. Kekurangan Plafon Pvc

1. Harga Lebih Mahal

Meskipun memiliki banyak kelebihan, kekurangan pengaplikasian jenis plafon pvc juga ada. Kekurangan yang paling nyata adalah harga yang lebih mahal dibanding plafon triplek atau jenis lainnya. Hal tersebut mengingat karena kualitas yang cukup menjanjikan.

Menggunakan plafon ini tentu tidak sejalan dengan keingina hemat untuk membangun rumah. Anda perlu manajemen modal yang baik agar tidak membebani pembangunan rumah dengan menggunakan plafon bahan pvc.

2. Masih Jarang di Pakai dan Sulit di Bentuk

Buka hanya mahal saja, kekurangan plafon ini juga masih ada. Kekurangan lainnya adalah jarang di pakai untuk rumah dan sulit untuk dibentuk sesuai keinginan. Sehingga tidak heran jika menggunakan plafon jenis ini, Anda dicap orang yang cukup berani.

Mengingat kebanyakan bahannya memang digunakan untuk bahan pipa air. Belum lagi untuk membentuk plafon juga cukup sulit untuk dilakukan. Khususnya jika plafon pvc digunakan di daerah yang sempit pada bagian rumah.

Pemasangan Plafon Pvc Rumah

Bagi Anda yang membutuhkan jasa pemasangan dan perbaikan plafon rumah dengan jaminan garansi kerusakan, serahkan saja langsung ke tukang atau kontraktor yang khusus pemasangan plafon. Segala kerusakan berbagai jenis plafon haruslah ditangani oleh tenaga yang profesional. Hasil pekerjaannya haruslah baik dan berkualitas sesuai keinginan Anda. Plafon pvc cocok untuk Anda yang menginginka huniannya rumah yang bersih, nyaman dan aman ditinggali.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *