Tahukah Anda Perbedaan Kolase Montase dan Mozaik dalam Seni

perbedaan kolase montase dan mozaik

Mungkin bagi sebagian orang belum familiar dengan perbedaan karya seni yang satu ini yaitu apa sih perbedaan kolase montase dan mozaik?. Ternyata masih banyak yang belum tahu dan memahami perbedaan mendasar dari  ketigannya teknik jenis seni ini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Menjelaskan bahwa arti dari kata Kolase Montase dan Mozaik adalah sebagai berikut:

Definisi Perbedaan Kolase Montase dan Mozaik

Dalam pembelajaran ilmu seni rupa pada jenjang sekolah dasar dan menengah, Anda akan menemukan materi tentang perbedaan kolase, montase dan mozaik. Materi tersebut di sajikan dengan mempraktikan seni rupa dengan teknik yang sama, yaitu teknik menggunting dan menempelkan bagian-bagian potongan benda secara acak hingga membentuk suatu gambar atau bentuk yang indah.

Cara pembelajarann tersebut sering sekali menjadikan teknik seni menjadi perbedaan kolase, montase dan mozaik sulit untuk di mengerti dan tersamarkan, karena pelajaran praktik yang di ajarkan jarang sekali menerangkan apa yang menjadi perbedaan kolase, montase dan mozaik secara mendetail.

Pengertian Kolase

Kolase adalah Komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan (kain, kertas, kayu) yang ditempelkan pada permukaan gambar (Depdiknas.2001,580).

Contoh Gambar Kolase

kolase

Cara Membuat Kolase

Pengertian Montase

Montase adalah Komposisi gambar yang dihasilkan dari percampuran unsur dari beberapa sumber (Depdiknas 2001, 754).

Contoh Gambar Kolase

montase

Cara Membuat Kolase

Pengertian Mozaik

Mozaik adalah seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan keras berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat (Depdiknas 2001,756).

Contoh Gambar Mozaik

mozaik

Cara Membuat Mozaik

Perbedaan Kolase Montase dan Mozaik

Banyak yang masih belum mengetahui perbedaan kolase montase dan mozaik sebagai karya seni yang berbeda tetapi menggunakan teknik yang hampir sama.

Secara sederhana kolase montase dan mozaik adalah masih dalam satu kesatuan teknik dasar menggambar yang sama dan kadang kala sangat sulit untuk dibedakan dari hasil teknik dasar antara ketiganya.

Karena teknik tersebut mengunakan bahan-bahan dari unsur yang ada. Akan tetapi jika kita cermati lebih detail unsur-unsurnya walaupun dari bahan yang sama berbentuk benda tetapi sebenarnya beda.

Sedangkan untuk seni kolase terbuat dari bahan yang berbeda jenis dengan montase hanya memanfaatkan bahan-bahan atau gambar yang sudah jadi saja. Sedangkan untuk seni mozaik berasal dari kepingan atau pecahan dengan bahan yang sama.

Montase biasanya berbentuk karya yang mirip dengan seni lukis, seni kriya dan seni patung. Sehinggal dengan demikianlah karya montase sebagian banyak yang menganggap sebagai salah satu jenis karya yang mirip dengan seni lukis, kriya, dan seni patung.

Bahan yang paling sering dibuat sebagai seni mozaik atau lukisan mozaik merupakan suatu seni lukis yang dibuat dari potongan – potongan atau pecahan dari berbagai jenis bahan material. Contoh seperti kaca kertas, batu dan bahan lainnya, hingga menjadi sebuah karya yang utuh dan indah.

Fungsi Kolase Montase dan Mozaik

Fungsi Praktis

Fungsi yang bahan pembuatannya dapat ditemukan dari bahan disekitar kita yang sehari-hari dapat kita temukan. Menjadi bahan dasar pemuatan kerya seni yang baik tanpa harus memikirkan kekurangan jumlah bahan dan kesulitan mencarinya. Bahan untuk yang dibutuhkan untuk membuat sebuah karya seni ini tidaklah sulit untuk dicari, Anda dapat menemukannya di sekitar dan menjadikannya sebuah karya seni yang memiliki nilai seni.

Fungsi Edukatif

Fungsi yang dapat mengembangkan pikiran, daya serap, emosi, estetika dan kreativitas anak-anak anda dan dapat dikerjakan di sekolah ataupun kelompok bermain secara mandiri. Fungsi edukasi juga berperan penting dalam memandu petumbukan fisik emosional dalam tumbuk kembang anak Anda dalam kegiatan dan aktifitas kesehariannya.

Fungsi Ekspresi

Pembuatan yang membutuhkan imajinasi dan keterlibatan kreatifitas eksperesi yang akan membantu mengembangkan tumbuh bakat anak sejak dini hingga usia dini untuk membantu kemajuan perkembangan kecerdasan anak.

Fungsi Psikologis

Dapat menghasilkan sebuah ide kreatifitas dan gagasan baru untuk menghasilkan suatu karya seni yang dapat dinikmati dan memunculkan kepuasan psikologis, emosional dan kecerdasan dalam mengambil keputusan.

Fungsi Sosial

Banyak rupa dan karya yang unik, sehingga di minati masyarakat, yang memunculkan suatu kebutuhan yang bernilai jual. Demikian kami jelaskan perbedaan kolase montase dan mozaik secara singkat. Terimakasih telah mengunjungi halaman blog kami, saran dan masukan baik kami terima dengan senang hati.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan