9 Inspirasi Penataan Halaman Rumah agar Terlihat Indah

Penataan halaman rumah

Penataan halaman rumah merupakan salah satu bagian penting dalam keindahan dan kenyamanan rumah hunian. Area ini bisa menjadi salah satu tempat favorit bagi sebuah keluarga, konsep penataan halaman rumah minimalis saat ini banyak diminati masyarakat khususnya para pasangan muda. Area taman bisa Anda buat di bagian posisi rumah, salah satunya halaman belakang rumah yang tetap mengedepankan fungsi taman sebagai sudut penyejuk mata.

Anda juga bisa membuat taman di halaman depan rumah minimalis dengan konsep natural agar hunian Anda memiliki suasana yang berbeda di setiap sudutnya. Area taman yang indah juga bisa Anda ciptakan di penataan halaman rumah sederhana maupun halaman rumah mewah. Pada intinya, apa saja konsep rumah yang Anda miliki bisa dipadukan dengan area taman yang rindang nan sejuk.

Konsep Penataan Halaman Rumah

Salah satu konsep taman yang cocok untuk rumah, dengan halaman yang luas adalah around garden atau taman yang mengitari rumah. Desain penataan halaman rumah yang luas sangat cocok dipadukan dengan konsep taman ini, agar fungsi dari taman bisa lebih maksimal. Rumah dengan halaman luas dapat Anda padukan juga dengan taman di bagian depan maupun belakang.

Jika menggunakan desain halaman belakang rumah dengan rumput dan tanaman yang rindang, usahakan untuk menata dan menempatkannya di area dekat dapur agar bisa dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Bagi Anda yang suka memandangi bunga dan dedaunan saat masuk ke rumah, Anda bisa membuat taman di halaman rumah depan. Pastikan untuk memilih tanaman yang disukai dan tambahkan air mancur atau kolam ikan sebagai pelengkap.

Penataan Halaman Rumah yang Baik

1. Paduan Taman dan Paduan Keramik Lantai

Penataan halaman rumah

Menciptakan sebuah keindahan dalam rumah bisa dikatakan mudah tetapi perlu imajinasi untuk menatanya. Hal ini karena Anda bisa memilih desain sesuka hati tetapi harus memperhatikan setiap detail penataan agar tampak rapi dan senada. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah bagian taman dengan keramik lantai di halaman rumah. Jika taman Anda cukup besar dan ditanami pepohonan beserta bunga yang rindang, maka pilihlah keramik bermotif simpel dan 1 warna.

Jika taman Anda cukup kecil dan hanya ditanami 2 atau 3 jenis pohon, baik ada beberapa bunga maupun tanpa bunga, maka pilih motif keramik lantai yang unik dan berwarna-warni Anda bisa menggunakan pattern klasik. Desain dan warna keramik harus tetap disesuaikan dengan konsep penataan halaman rumah dan bagian dalam rumah Anda. Jika memilih konsep modern, maka pilih yang lebih elegan atau vintage. Sedangkan, jika Anda memilih konsep minimllis, berikan sentuhan sederhana pada penataan halaman rumah Anda.

2. Penataan Halaman Rumah dengan Varietas Bunga

Penataan halaman rumah

Penataan halaman rumah Anda akan tampak indah dan rapi jika dihiasi dengan bunga yang beragam dan disusun sedemikian rupa. Beberapa jenis bunga yang bisa Anda tanam adalah anggrek, bougenvile, mawar, bunga matahari hingga lily. Anda perlu memperhatikan letak tanaman dan bunga yang ada di taman. Susunlah memanjang berdasarkan jenis bunga atau warnanya.

Perhatikan pula tinggi dan pendek bunga sehingga memberikan kesan yang nyaman dipandang mata.Taman akan semakin tampak asri dan cantik jika Anda memberikan variasi pot berbagai ukuran yang disusun berdasarkan ukurannya. Pilihlah jenis dan warna pot yang disesuaikan dengan tema atau konsep hunian.

3. Penataan Halaman Rumah dengan Warna Kontras

Penataan halaman rumah

Mewujudkan taman yang asri dan menyegarkan udara di harus memikirkan penataan halaman rumah yang baik, juga harus tetap memperhatikan keindahan penataannya. Jika taman memiliki desain penataan yang cantik, Anda tentu merasa senang ketika memandangi area taman. Anda bisa membuat area taman terlihat berwarna-warni dengan beberapa warna yang kontras, misalnya aneka jenis daun yang berwarna hijau yang dikombinasikan dengan daun berwarna ungu, merah hingga kuning.

Variasi bunga juga bisa membuat tampilan area taman menjadi kontras misalnya taman Anda sudah dipenuhi dengan berbagai tanaman berwarna hijau dan pada salah satu sisiya ditanami bunga berwarna merah, kuning, oranye hingga biru.

4. Perpaduan Penataan Rumput dan Batu Alam

Penataan halaman rumah

Konsep rumah modern, klasik maupun minimalis di zaman sekarang ini tidak menutup kemungkinan untuk membuat sebuah area taman cenderung berkonsop ‘back to nature’. Konsep ini sebagai penyeimbang agar suasana rumah tetap nyaman dan sejuk. Area taman Anda bisa dibuat dan ditata senatural mungkin misalnya memadukan rerumputan hijau, bebatuan alam dan kolam ikan atau air mancur.

Batuan alam yang dipilih bisa disusun beraturan berdasarkan ukuran dan warna. Penataan antara rumput dan bebatuan sebaiknya diletakkan berdekatan sehingga kesan alami akan lebih terasa. Warna batuan alam yang bisa Anda pilih mulai dari hitam pekat, krem, putih hingga campuran.

5. Penataan Taman Kecil di Sudut Rumah

Penataan halaman rumah

Tanah yang tidak terlalu luas dan bangunan yang sempit tidak menghalangi Anda untuk membuat taman mungil di salah satu sudut halaman rumah. Konsep mini garden bisa menjadi solusi yang tepat untuk hunian yang mungil agar tetap tampak asri. Taman kecil yang bisa Anda buat misalnya memilih konsep vertikal garden dengan berbagai macam tanaman gantung dan merambat.

Tidak hanya itu saja, taman di halaman rumah Anda akan tampak hijau, rindang dan cantik dengan tambahan lampu taman klasik. Bagi Anda yang ingin memiliki kolam ikan kecil walaupun memiliki lahan taman yang sempit, cobalah meletakkan mini vertikal garden di area pintu masuk dan bagian pinggirnya dibuat selokan kecil untuk kolam ikan hias. Pastikan untuk membuat filter air yang tepat pada kolam mungil tersebut.

Beberapa tanaman gantung yang bisa Anda gunakan pada taman di sudut rumah Anda di antaranya adalah anggrek, lavender, bergonia, geranium hingga lantana. Anda bisa berburu jenis-jenis tanaman ini di toko bunga terdekat.

6. Perpaduan Pagar Sederhana dan Taman Bunga

Penataan halaman rumah

Kenyamanan dan keindahan area taman perlu penataan halaman rumah tidak hanya karena jenis tanaman dan penataan yang rapi saja, tetapi adanya pagar rumah yang memiliki desain unik bisa menjadi daya tarik tersendiri. Pagar rumah tidak hanya sebagai pelindung para penghuni rumah, tetapi juga mendukung keindahan rumah secara visual. Halaman rumah terlihat semakin bagus jika Anda bisa memilih pagar rumah berdesain sederhana, unik dan sesuai dengan konsep hunian.

Pagar rumah dan taman bunga menjadi perpaduan yang pas untuk area depan rumah. Sehingga para penghuni akan terasa nyaman saat masuk ke rumah, apalagi para tamu yang sedang berkunjung. Pagar halaman rumah bisa dibuat dari berbagai jenis bahan. Anda bisa memilih pagar dari kayu untuk memunculkan konsep natural. Sedangkan untuk konsep taman yang modern, Anda bisa memilih pagar yang terbuat dari besi atau baja.

7. Kombinasi Taman Berkelok Mengitari Rumah

Penataan halaman rumah

Menciptakan hunian yang nyaman Bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, salah satunya menciptakan taman yang asri dan rindang. Jika Anda memiliki lahan yang luas, Anda bisa membuat taman berkelok yang mengelilingi area rumah. Konsep taman berkelok akan membuat seluruh area rumah Anda mendapatkan sirkulasi udara yang lebbih baik, sehingga udara terasa lebih segar setiap harinya.

Konsep ini juga memungkinkan Anda untuk menanam berbagai jenis tanaman baik pepohonan hingga aneka bunga. Taman berkelok yang mengitari halaman rumah akan lebih sempurna lagi jika Anda memberikan tambahan kolam ikan, air mancur atau sungai kecil. Gemericik air akan mencipatakan suasana yang tenang. Apakah Anda tertarik untuk membuat taman berkelok?

8. Halaman Depan Rumah dengan Pagar

penataan halaman rumah

Penataan cantik untuk area halaman rumah bisa diciptakan dengan tambahan pagar yang unik dan sesuai konsep. Anda bisa memilh bagian pintu pagar dengan bentuk melengkung agar tampilan depan rumah semakin luar biasa.

Pintu pagar melengkung memberikan kesan yang sederhana, terbuka dan kehangatan dari sang pemilik rumah. Area depan pagar juga bisa Anda tambahkan dengan lampu hias berkonsep klasik. Pilihlah pintu dari bahan kayu agar tampak lebih natural.

9. Pasangan Batu Alam dengan Rumput Hijau

penataan halaman rumah

Anda bisa memilih hunian dengan berbagai konsep mulai dari minimalis, klasik, modern hingga desain industrial. Saat ini tema industrial banyak diminati para pasangan muda di era milenial. Salah satu unsur dari hunian bertema industrial adalah adanya material bata merah. Anda yang memilih konsep industrial di seluruh rumah, bisa memasangkan bata merah di berbagai sudut misalnya kamar, dapur, ruang tamu, ruang keluarga hingga taman.

Sedangkan, jika hunian Anda memakai kombinasi konsep, pilihlah area halaman rumah sebagai fokus konsep industrial. Area yang harus butuh penataan halaman rumah akan terlihat menarik jika memadukan tembok dari bata merah dengan bagian taman yang memiliki hamparan rerumputan hijau. Kombinasi kedua tampilan ini sangat mencerminkan konsep industrial pada sebuah rumah.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan