10 Model Relief Rumah Ini, Menambah Kesan Mewah pada Rumah

relief rumah

Relief rumah adalah ukiran pada permukaan dinding yang difungsikan sebagai nilai estetika, relief juga dapat mencirikan jati diri pemilik rumahnya. Cara membuat relief tiang rumah memerlukan keahlian tersendiri, selain itu juga berlaku pada cara pembuatan relief dinding rumah.

Kebanyakan orang pasti hanya mengenal relief pada candi. Ternyata, relief juga sudah banyak diaplikasikan pada rumah tinggal sejak beratus abad lalu. Bisa Anda lihat contohnya, yaitu relief rumah masyarakat Bali yang juga mencerminkan tingkatan kasta pada golongan masyarakat tertentu.

Jasa Relief Rumah

Relief ukir tempel lebih banyak dicari saat ini, gambar motifnya yang mengusung tema alam banyak dikaitkan dengan ketenangan batin. Anda yang tertarik menggunakan relief pada dinding rumah tentu harus mengenal range harganya untuk menyesuaikan dengan budget, akan tetapi harga relief tidak ada patoka harga, tergantung tingkat kesulitan dan kesepakatan dengan pekerja yang akan membuatnya.

Nilai harga relief biasanya di ukur berdasarkan kesulitan dan nilai seni yang terkandung dalam ukuran yang akan di buat. Harga relief rumah bisa ditentukan lewat kesepakatan antara pengrajin dan pemesan namun tidak jarang juga pengrajin menjajakan langsung relief jadinya dengan patoka harga tertentu. Berikut beberapa daftar harga bergantung pada jenis ukirannya.

Ketebalan Relief Rumah

Tebal Relief

Harga per Meter

Relief batu pualam tebal 5 cmRp 900.000
Relief batu pualam tebal 8 cmRp 1.100.000
Relief batu pualam tebal 10 cmRp 1.400.000
Relief batu pualam tebal 12 cmRp 1.600.000

Jenis Relief Rumah

Jenis Relief

Harga per Meter

Relief ukira hewanRp 800.000 – Rp 1.000.000
Relief ukiran tumbuhanRp 750.000 – Rp 1.000.000
Relief ukiran manusiaRp 800.000 – Rp 1.500.000
Relief garis simetrisRp 300.000 – Rp 550.000
Relief ukiran gypsum (Grc)

Rp 250.000 – Rp 550.000

Model Relief Rumah Terbaru

Saking indahnya, relief rumah banyak diburu dimanapun letak rumahnya. Pesanan konsumen yang meningkat mendorong pengrajin untuk mengembangkan rancangan motif relief terbarunya. Konsep relief tradisional Indonesia banyak disilangkan untuk menghasilkan karya yang indah.

Kecenderungan pemakaian relief rumah di Indonesia kini mengikuti trend model relief terbaru. Model – model tersebut banyak dipakai sesuai dengan konsep rumah yang sedang dibangun seperti contoh rumah klasik dengan relief ala negeri Roma. Berikut model relief terbaru yang banyak dipakai.

Relief Rumah Mewah

Relief Rumah Mewah

Relief pada rumah mewah menekankan pada bentuk relief ala rumah Eropa bergaya burok. Model dengan relief bunga hingga manusia digambar serealistis mungkin untuk menciptakan kesa hidup. Batu alam tanpa ukiran juga sering di tempel pada dinding pagar.

Jenis relief bergaya realis dengan warna natural tidak terlalu mencolok sangat direkomendasikan. Tentu saja Anda harus mencari tukang relief yang karyanya selaras dengan selera Anda. Pemeliharaan model relief ini butuh ketelatenan karena bentuk ukurannya yang bersudut dan detail. Ini yang memungkinkan kotoran banyak menempel. Bersihkan dengan cara di lap jadi cara terbaik.

Relief Rumah Klasik

Relief Rumah Klasik

Model relief rumah klasik banyak memboyong guratan garis atau bentuk yang sama sepanjang sudut dinding. Pilar rumah juga bisa jadi media pengaplikasian relief. Bentuk bergelombang ala bangunan Roma juga banyak diadaptasi pada bangunan klasik.

Model ini banyak dipakai untuk mengesankan kemegahan rumah. Relief garis vertikal menciptakan ilusi optic beruka bangunan yang tinggi dari bagian lainnya. sentuhan relief gelombang sepanjang ujung medium jadi penegas rumah klasik. Model relief ini bisa diaplikasikan sekalipun rumah Anda tidak berkonsep rumah klasik. Persiapkan spot yang tepat agar hasilnya terlihat menawan.

Relief Rumah Modern

Relief Rumah Modern

Relief model rumah modern hanya menempelkan satu relief berukuran besar (biasanya persegi panjang berukuran 150 x 200 cm) pada dinding rumah. Fungsinya sebagai pengalih warna bangungan dan menjadikan relief poin utama.

Relief yang dipasang bisa bermacam – macam menyesuaikan selera pemiliknya namun pada dasarnya motif tanaman lebih disarankan. Motif ini bisa menimbulkan kesan tenang di dalam hunian Anda. Model relief berukuran sedang dan ditata sedemikian tupa juga bisa jadi pilihan lain namun tetap relief yang digunakan sebaiknya motif teratur.

Relief Rumah Sederhana

Relief Rumah Modern

Model relief pada rumah sederhana biasanya menggunakan relief garis sebagai pemberi tekstur. Relief banyak dipasang di pilar depan rumah, sepanjang sudut dinding atau dinding pagar seperti biasanya, rumah sederhana akan terlihat lebih menawan. Model ini cocok dipakai untuk konsep rumah sederhana agar rumah tidak terlihat monoton.

Relief garis dibuat atau ditempel secara vertikal maupun horizontal bergantung pada selera pemiliknya. Pemeliharaan pada relief tentu harus dilakukan, model relief pada rumah sederhana mudah dibersihkan karena bentuknya yang simple. Membersihkannya dengan teratur membuat relief tahan lama.

Relief Rumah Minimalis

Relief Rumah Minimalis

Sedangkan model relief rumah minimalis banyak menggunakan gambar simple namun berkarakter. Tidak jarang penggunaan relief disesuaikan dengan jumlah barang yang ada di ruangan agar tidak saling menutupi.

Model relief besar banyak dipilih dalam hal ini, relief disimpan pada satu sisi rumah yang cukup terbuka. Model akan terlihat selaras dengan konsep rumah namun sebelum memasang relief Anda harus pandai menyesuaikan bentuk pada mediumnya. Model relief besar memang banyak dipakai dalam konsep rumah minimalis namun model relief lain masih bisa Anda pakai. Asalkan bisa menyelaraskan model relief dengan konsep hunian Anda.

Relief Tiang dalam Rumah

Relief Tiang dalam Rumah

Tiang rumah juga jadi objek selanjutnya untuk pemasangan relief. Model yang dipakai bergantung pada selera konsumen, bisa jadi relief akan diletakan sepanjang tiang. Ada juga yang hanya menyelipkan relief pada ujung atas dan bawah tiang sebagai pemanis.

Model relief bisa berupa bentuk bunga, dedaunan, hewan manusia atau motif teratur yang tidak kalah enak dipandang. Relief flora sekarang sedang marak dipakai karena bentuknya yang umum tapi tetap indah. Model relief pada tiang biasanya menyesuaikan bentuknya yang tinggi. Motif lain seperti hewan sebenarnya bisa diaplikasikan untuk menampilkan kesan anti mainstream.

Relief Teras Rumah

Relief Teras Rumah

Bagian dinding depan atau dinding yang mengitari teras biasanya jadi area teras rumah yang dibubuhi relief. Model tanaman banyak diburu konsumen karena menyesuaikan konsep pekarangan yang asri. Harganya pun cukup bersahabat karena memerlukan keramik kecil.

Sama seperti relief tiang dalam rumah, model relief berupa bentuk bunga, dedaunan, hewan manusia atau motif teratur bisa jadi pilihan. Model relief ini paling banyak dipakai dalam konstruksi bangunan rumah. Pemeliharaan relief pada teras bisa dilakukan dengan menyapu permukaannya secara perlahan. Lakuka hal yang sama hingga relief terlihat lebih bersih.

Relief Dinding Rumah Minimalis

Relief Dinding Rumah Minimalis

Dinding rumah minimalis sering diberi sentuhan model tertentu. Motifnya sering diselaraskan dengan konsep rumah yang memanfaatkan segala sudut agar tetap leluasa bergerak pada ruangan. Saran yang diajukan memakai relief bermodel simple. Model tersebut mencakup relief garis atau motif teratur.

Pemasangannya juga hanya dilakukan pada salah sisi atas bawah atau satu sisi di tengah dinding. Ini dilakukan untuk mengimbangi konsep minimalis yang cenderung dinamis tanpa banyak ornamen mencolok. Melakukan dekorasi pada dinding rumah minimalis memang sedikit tricky. Perlu perkiraan yang tepat agar konsep tidak saling tumpang tindih. Gunakan relief di atas untuk memberikan kesan cozy dalam hunian.

Relief Gerbang dalam Rumah

Relief Gerbang dalam Rumah

Relief pada gerbang rumah sering kali menggunakan model garis simetris beraturan dengan corak tidak terlalu rapat. Batasannya dibuat dengan relief lain yang berlainan bentuk. Memberikan relief pada dalam rumah bisa memberikan kesan megah. Banyak yang memakai model garis simetris untuk menampilkan kesan megah.

Sedangkan model relief tanaman dipakai untuk menekankan kesan estetika dengan tambahan lampu pagar. Memasang model relief sebenarnya bisa menyesuaikan dengan bentuk gerbang da hiasan lain seperti lampu. Perpaduan tepat antara ketiganya bisa membuat rumah Anda tampak lebih menarik.

Relief  Tiang Teras Rumah

Relief  Tiang Teras Rumah

Model relief pada tiang teras rumah banyak mengusung bentuk sederhana dengan gambar natural seperti bunga atau daun besar. Bentuk bergelombang di satu sudut atau motif garis horizontal sepanjang tiang sangatlah disarankan. Sama halnya seperti dinding teras rumah, kebanyakan orang menggunakan model relief tanaman yang natural pada tiang teras rumah.

Umumnya Anda bisa memasang relief sejenis agar pilar dan teras terlihat selaras. Anda yang benar – benar tertarik memasang model relief natural pada tiang teras maka harus mempersiapka hal pendukung lain. Persiapkan alat pertukangan sebagai langkah awal untuk mulai belajar menjadi pengrajin ralief rumah yang baik.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *