16 Kelebihan dan Kekurangan Pemakaian Plafon Gypsum Rumah

plafon gypsum

Gypsum adalah jenis mineral yang memiliki dominasi kadar kalsium cukup tinggi dan mudah menguap. Jenis mineral ini akan digunakan untuk plafon gypsum di rumah Anda. Gypsum rumah menjadi material yang sangat penting karena digunakan dalam setiap sudut bangunan.

Model plafon gypsum sangatlah beraneka ragam mulai dari sederhana hingga minimalis. Sedangkan untuk partisi / dinding gypsum ada yang polos maupun bermotif. Harga gypsum ditentukan dari jenis dan ukurannya. Ukuran gypsum 240×120 cm / lembar biasanya dijual denga harga mulai Rp 65.000,00 dengan berbagai pariasi jenis merk.

Kekurangan dan Kelebihan Plafon Gypsum

Kelebihan Plafon Gypsum

plafon gypsum

1. Praktis dalam Pemasangan

Plafon atau partisi gypsum saat ini banyak digunakan sebagai bagian dari material rumah karena proses pemasangannya yang relatif cepat dan mudah. Bahkan, Anda bisa memasangnya sendiri tanpa menggunakan jasa tukang bangunan.

Jika pemasangan dilakukan oleh tukang, tentu akan menghemat biaya tenaga kerja karena prosesnya tidak membutuhkan waktu lama. Anda hanya perlu memberitahu tukang tentang tata letak da harga plafon gypsum yang harus dipasang.

2. Mudah di Bentuk sesuai Keinginan

Jenis material bangunan ini memiliki sifat yang tidak kaku sehingga sangat mudah untuk dibentuk sesuai keinginan. Jika Anda bosan dengan bentuk yang lurus, Anda bisa membuatnya berkelok-kelok agar lebih artistik.

3. Dapat Memantulkan Panas

Bahan gypsum ini cenderung tipis. Hal ini akan memudahkan cahaya panas bisa dipantulkan dengan baik sehingga ruangan menjadi lebih dingin. Anda sangat tepat memilih bahan ini untuk plafon rumah jika kondisi cuaca di daerah Anda cenderung panas dan terik. Pilihlah jenis  plafon gypsum yang cukup berkualitas agar lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

4. Harga Terjangkau

Harga untuk plafon gypsum atau partisi yang dibuat dari bahan gypsum sangat bervariatif Perbedaa harga didasarkan pada jenis, model dan ukuran. Harga bahan material ini biasanya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Ukuran yang lebih panjang dengan model plafon yang unik akan membuat gypsum semakin mahal, dijamin tidak akan menguras isi dompet Anda.

5. Ramah Lingkungan

Penggunaan plafon gypsum yang semakin marak di zaman sekarang ini membuat para ahli melakukan uji laboratorium untuk memastikan keamanannya. Ternyata, sudah dipastikan bahan ini aman dan ramah lingkungan baik dari hasil uji laboratorium lokal dan internasional.

Hasil laboratorium menunjukkan jika gypsum memiliki tingkat radiasi yang jauh lebih rendah dibandingkan batu bara bahkan bahan-bahan lapisan mebel yang sering kita temui. Material ini bebas dari asbestos yang bisa menimbulkan penyakit kanker.

6. Mudah dalam Perawatan

Kandungan bahan yang aman dan memiliki sifat ringan, membuat material gypsum sangat mudah dalam perawatannya. Anda cukup memastikan tidak ada benturan yang cukup keras pada bahan material ini.

7. Relatif Lebih Ringan

Bahan material bangunan yang lebih ringan dari pada material non struktural lain adalah gypsum. Beberapa produk gypsum lokal maupun asing berlomba-lomba untuk membuat material ini memiliki bobot sangat ringan.

Gypsum yang berkualitas baik dan berbobot ringan biasanya memiliki tingkat sagging atau lendutan minimal. Semakin minimal tingkat lendutan, maka akan semakin mudah pula untuk dibentuk sesuai keinginan.

8. Dapat di Gunakan sebagai Sekat dan Dekorasi

Salah satu keunggulan dari gypsum adalah bisa digunakan untuk dekorasi atau sekat dinding. Hal ini karena gypsum cenderung mudah dibentuk dalam berbagai model. Anda bisa membuatnya berdasarkan desain yang diinginkan da hasilnya terlihat lebih bagus.

Aneka sekat atau partisi yang dibuat dari bahan gypsum memang akan mempercantik desain interior rumah Anda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan arsitek dan pemborong yang mengerjakan rumah Anda.

Kekurangan Plafon Gypsum

plafon gypsum

1. Tidak Tahan Terkena Air dan Lembab

Plafon gypsum memang menjadi bahan yang baik menahan dan memantulkan panas. Tetapi, bahan ini akan cepat rapuh dan rusak jika terkena air dan suhu yang terlalu lembab. Hal ini mengisyaratkan jika material ini tidak cocok untuk Anda yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi.

Anda bisa saja tetap menggunakan bahan gypsum, tetapi pastikan untuk membeli jenis yang anti air atau water resisten. Biasanya jenis gypsum water resisten memiliki harga yang lebih mahal daripada jenis pada umumnya.

2. Tidak dapat Menahan Benturan

Bahan yang ringan, tipis dan lentur membuat gypsum tidak bisa menahan beban cukup berat. Benturan yang tidak terlalu keras saja kadangkala bisa menimbulkan keretakan. Maka, pastikan Anda menjaganya dari benturan yang keras.

3. Tidak dapat di Pasangkan pada Area Lembab

Bahan gypsum akan mudah lapuk dan rusak jika ditempatkan pada area yang lembab. Jamur akan tumbuh subur sehingga menimbulkan retak-retak kecil hingga kerusakan yang parah. Jika dipasang pada plafon, bisa menyebabkan plafon tersebut mudah roboh.

4. Mudah Berjamur dan Terurai

Plafon gypsum atau partisi dari gypsum jika terkena air dalam jumlah banyak dan terus-menerus akan membuat area sekitar menjadi lembab. Kelembaban yang cukup parah mengakibatkan jamur tumbuh subur.

Munculnya jamur tentu akan mempengaruhi penampilan plafon atau partisi menjadi lebih kusam dan tentunya semakin lapuk hingga menimbulkan retak bahkan patah. Hal ini tentunya sangat tidak Anda inginkan bukan?

5. Tidak Kedap Suara

Gypsum memang memiliki model yang cantik untuk sebuah interior rumah. Tetapi, bahan yang cenderung tipis dan ringan membuat material ini tidak kedap suara. Maka pastikan untuk menggunakan bahan gypsum hanya untuk area tertentu saja.

6. Kurang Kokoh

Material gypsum memang tahan terhadap api dan mampu memantulkan cahaya panas. Namun, bahan ini tidak cukup kokoh apalagi jika terkena air dan suhu lembab.  Kurang kokohnya gypsum juga bisa disebabkan pemasangan yang kurang tepat.

7. Tidak Cocok untuk Exterior

Gypsum memiliki sifat lentur, tipis, dan ringa hanya cocok untuk bagian interior rumah. Mengapa? Karena didalam rumah akan lebih terlindungi khususnya dari tetesan air. Jika digunakan untuk eksterior rumah, harus menggunakan material dengan bahan yang lebih kuat.

Bahan material untuk eksterior rumah biasanya menggunakan baja, besi dan sejenisnya yang cenderung tahan terhadap panas da hujan. Jika eksterior rumah menggunakan bahan gypsum yang mudah lapuk, menurut Anda, apa yang akan terjadi?

8. Rentan Terhadap Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca yang ekstrim dari panas menuju dingin atau sebaliknya dapat mempengaruhi kelembaban di suatu ruangan. Jika suhu terlalu lembab, material gypsum di rumah Anda akan mudah retak dan patah.

Pemasangan Plafon Gypsum

1. Profil Gypsum / furring

Profil gypsum atau furring merupakan bahan untuk rangka plafon yang bisa dibuat dari bahan kayu maupun metal. Bahan kayu sudah jarang sekali digunakan karena kurang kokoh, mudah lapuk dan perawatannya cukup sulit.

Kini, banyak rumah yang sudah menggunakan bahan metal karena lebih awet, kokoh dan lebih mudah dapat pemasangannya. Pada jenis bahan plafon metal furring biasanya akan memakai sistem suspended ceiling (pemasangan digantung pada bawah beton dengan rangkaian kawat).

2. Gypsum Board

Bahan yang Anda butuhkan saat pemasangan plafon gypsum adalah papan gypsum (gypsum board). Bahan ini menjadi material pelapis untuk bagian dinding bata. Penggunaan gypsum board akan lebih memperkokoh material gypsum sehingga lebih awet.

3. Sekrup Gypsum

Plafon gypsum akan terpasang kuat dengan adanya sekrup gypsum. Bahan ini harus ada dalam pemasangan plafon. Sekrup gypsum termasuk dalam sekrup drywall dengan bahan dasar baja atau besi anti karat.

Ukuran untuk sekrup drywall ini sangat bervariasi, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Sekrup gypsum berwarna hitam polos dan bisa digunakan untuk pemasangan lembar gypsum pada dinding, partisi dan interior lainnya.

4. List Gypsum

List gypsum merupakan material list profil yang memiliki fungsi sebagai penghias plafon. Material ini bisa dengan mudah Anda temukan di toko bangunan atau dibeli secara online. Anda juga bisa memilih berbagai macam motif yang ditawarkan.

Harga list gypsum sangat bervariatif mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Jika Anda memilih motif yang penuh ukiran dan unik, tentu harga yang ditawarkan semakin mahal.

5. Compound Gypsum

Compound gypsum merupakan bahan material yang berfungsi sebagai penutup lubang atau celah di permukaan plafon, dinding dan sebagainya. Bahan ini biasanya digunakan saat sebelum pemakaian cat dasar dan finishing.

Compound ini akan membuat permukaan plafon gypsum menjadi lebih rata, sehingga ketika sudah diaplikasikan cat, hasil warnanya akan lebih rapi. Compound yang berkualitas baik biasanya lebih cepat kering dan warnanya tidak berubah saat terkena air.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *