Jasa Tukang Bangunan di Medan? Kerja Borongan atau Harian

jasa tukang bangunan

Jika Anda ingin membangun rumah idaman sendiri? Eits, tunggu dulu! Akan ada banyak sekali tantangan dalam mewujudkan pembangunan rumah idaman yang memang tidak bisa diatasi dengan mudah. Oleh karena itu pilihlah jasa tukang bangunan di Medan yang terpercaya untuk mewujudkan impianmu memiliki hunian yang nyaman di dunia nyata.

Meskipun Anda menggunakan jasa tukang bangunan borongan maupun harian, diharapkan agar Anda tetap ikut serta  dalam perencanaan pembuatan rumah impianmu tersebut. Dengan begitu Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri pada saat hunian Anda bisa diwujudkan.

Berbeda dengan jasa kontraktor untuk pembangunan rumah, jasa tukang bangunan borongan ini umumnya menangani pembangunan rumah berskala perorangan. Harga borongan bangunan di Medan pun masih terbilang terjangkau jika dibandingkan di kota besar lainnya.

Meskipun sama-sama bekerja secara profesional, tetapi tukang bangunan borongan ternyata tidak memiliki sertifikasi resmi layaknya jasa kontraktor. Oleh karenanya, Anda harus lebih cermat lagi dalam memilih jasa tukang bangunan borongan atau harian yang terbaik dan terpercaya.

Tips Memilih Tukang Bangunan Medan

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan jasa tukang bangunan borongan Medan, maka akan ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan tukang bangunan yang profesional. Agar lebih mudahnya, mari simak tips-tipsnya di bawah ini.

  1. Memperhatikan dengan seksama kualitas dari hasil kerja tukang bangunan borongan tersebut. Dalam hal ini Anda tidak perlu ragu untuk bertanya untuk memverifiksi kredibilitas dan kualitas hasil akhir dari pekerjaan yang Anda percayakan kepadanya.
  2. Selain itu Anda juga perlu tahu lama pengerjaan setiap proyek yang pernah dikerjakan. Caranya adalah dengan menelusuri rekam jejak proyek tukang bangunan tersebut. Tukang bangunan borongan yang terpercaya pastinya bisa menyelesaikan setiap proyek secara tepat waktu, sesuai dengan periode yang telah disepakati bersama.
  3. Meskipun tidak memiliki sertifikasi secara resmi, tetapi pastinya juga ada sistem perjanjian dari pelaksanaan proyek yang dibuat oleh kedua belah pihak. Silakan pahami dengan baik kontrak kerja dengan tukang bangunan yang akan Anda pilih. Apabila memang ada hal yang dianggal membingungkan atau justru merugikan, maka Anda harus berpikir ulang untuk menggunakan jasanya.
  4. Jangan lupa untuk mengetahui sistem pembayaran jasa tukang bangunan borongan dengan baik.
  5. Terakhir, Anda juga perlu mengkomunikasikan tentang penanggung jawab atas proyek yang akan Anda percayakan kepada tukang bangunan tersebut.

Panduan Memilih Tukang Bangunan Borongan Murah

  1. Sebenarnya cara memilih jasa tukang bangunan borongan gampang-gampang susah. Hal pertama yang harus Anda tahu adalah jenis dan besaran pekerjaan.
  2. Pada dasarnya dalam penggunaan jasa tukang bangunan ada 2 sistem yang perlu Anda tahu, yakni sistem harian dan borongan. Apabila Anda memilih sistem borongan, pastika hal tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan Anda dalam pembangunan rumah.
  3. Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset kecil-kecilan dengan cara menelusuri riwayat pekerjaan tukang bangunan yang akan Anda pilih. Dari sinilah Anda bisa mencermati hasil kerjanya apa layak untuk dipilih atau tidak.
  4. Terakhir, Anda juga perlu membuat kesepakatan atau kontrak secara tertulis sebelum memutuskan untuk menyerahkan pekerjaan. Tujuannya tidak lain untuk menghindari kerugian, sehingga Anda perlu mendapat komitmen secara penuh dari penyedia jasa borongan Medan.

Pakai Jasa Tukang Banguna Harian untuk menghemat Butget

Salah satu kemudahan menggunakan jasa tukang harian adalah Anda bebas menghentikan pekerjaan dari tukang tersebut, jika Anda merasa bahwa hasil pekerjaannya kurang memuaskan. Tetapi Anda juga memiliki resiko yang mungkin saja dapat terjadi sewaktu-waktu.

Yaitu dikarenakan Anda tidak memiliki ikatan kerja sama dengan tukang pekerja maka bisa saja mereka meninggalkan pekerjaannya sebelum selesai jika mereka sudah malas untuk bekerja. Secara sederhananya mereka tidak punya tanggung jawab yang lebih karena dibayar harian.

Selain itu juga, kelemahan dari sistem ini adalah kurang praktis, sebab segala bahan/material bangunannya harus Anda siapkan sendiri. Sehingga Anda tidak dapat mengontol material dan Anda akan direpotkan untuk mengurusi material yang dibutuhkan.

Jika Anda memilih menggunakan jasa tukang harian, itu artinya Anda harus siap untuk repot dan ekstra sibuk mengawasi, sekaligus menyediakan material bangunan. Tentunya jika Anda tidak ingin rugi bukan?

Harga Tukang Bangunan Borongan Per Meter di Medan

Setiap tukang bangunan dengan berbagai tingkatan skill yang mereka miliki akan memiliki nilai upah yang berbeda. Baik secara sistem pembayaran borongan maupun harian, oleh karena itu faktor upah / biaya jasa pembangunan menjadi menjadi parameter penting untuk menjadi pertimbanguan.

Untuk mengetahui harga upah borongan pembangunan sebenarnya sudah ditetapkan dalam peraturan Standar Nasional Indonesia (SNI), metode perhitungan upah pekerjaan Analisa Biaya Konstruksi 2008.

Penetapan upah tukang bangunan ini disusun berdasarkan produktivitas pekerjaan di lapangan dengan tujuan meningkatkan efisiensi waktu dan efektivitas dalam pembangunan. Memang harga pembangunan setiap wilayah akan berbeda dikarenakan standar UMK dan UMR yang berbeda.

Selain itu juga harga material disuatu wilayah berperan besar terhadap besar kecilnya harga pembangunan. Untuk wilayah Medan dan sekitarnyan pada umumnya biaya pembangunan permeter berkisar Rp. 2.500.000 – 3.500.000, permeter.

Harga tersebut adalah harga pasaran yang berlaku di kota Medan dan sekitarnya, akan tetapi harga tersebut bukanlah harga pasti. Jika Anda memiliki desain dan rencana anggaran biaya perencanaan yang telah direncanakan.

Anda dapat menekan biaya tersebut hingga Anda dapat menyesuaikan desain dan kualitas yang Anda kehendaki dengan biaya yang harus di keluarkan.

Alat Tukang Bangunan

Jika Anda menggunakan jasa tukang harian maka alat tukang bangunan menjadi faktor lain yang harus Anda persiapkan. Perlu anda pikirkan secara matang, mungkin secara keseluruhan total biaya yang akan dikeluarkan untuk pembelian alat kerja atau perkakas pertukangan tidaklah besar.

Akan tetapi banyak diantara kita mengabaikan permasalahan ini, pada dasarnya butget untuk pembelian perkakas pertukangan adalah biaya yang tak terduga, yang mungkin Anda kesulitan untuk mengontrolnya. Anda akan merasakannya diakhir pekerjaan saat Anda merekap seluruh biaya pekerjaan dan membaginya sesuai pos – pos biaya yang Anda belanjakan.

Biaya belanja alat kerja pada umumnya akan di alokasikan sekitar 3-5% dari total upah pembangunan, jika lebih dari itu maka Anda perlu meng evaluasi kembali butgeting Anda.

Karena pembelian alat tukang bangunan adalah berifat barang habis, yang tidak dapat menjadi aset ataupun dapat Anda jual kembali. Selain itu anda perlu mengawasi oknum pekerja yang dengan sengaja membawa alat-alat kerja pulang, itu sangat merugikan Anda.

Karena jika Anda membiarka hal tersebut, akan menjadi terbiasa dan menganggap remeh dapat menimbulkan niat-niat buruk lainnya yang tidak diharapkan.

Ketahui Hal Penting Ini Saat Pakai Jasa Tukang Bangunan

  1. Kenyataannya, untuk mendapatkan jasa tukang bangunan di Medan yang terbaik dan terpercaya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal penting pertama yang harus Anda tahu adalah memperhatikan rekam jejak tukang bangunan tersebut. Keberhasilan pembangunan rumah impian sangat bergantung dari cara tukang bangunan dalam menggarap proyek yang Anda berikan. Oleh karenanya Anda tidak boleh main-main dalam memilih jasa tukang bangunan.
  2. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui besaran pekerjaan yang akan dibebankan kepada tukang bangunan. Apabila beban pekerjaannya sedikit, maka Anda bisa sewa tukang harian. Tapi lain halnya apabila beban pekerjaan cukup banyak, Anda lebih disarankan untuk sewa tukang borongan Medan.
  3. Tak lupa pula untuk membuat kontrak kerja tertulis. Ini penting dan diperlukan agar jasa tukang bangunan bisa bertanggung jawab atas pekerjaan yang telah dipercayakannya tersebut. Karena memiliki peranan yang cukup penting, sehingga Anda harus menuliskan secara detail dan terperinci apa saja yang akan dikerjakan tukang bangunan, lengkap dengan bayaran yang mereka dapatkan, waktu pengerjaan, dan material yang digunakan.
  4. Bila perlu Anda juga bisa menggunakan jasa konsultan arsitek. Pengawasan arsitek juga memiliki peranan penting demi kelancaran pekerjaan tukang bangunan. Keberadaan arsitek bahkan bisa memperkecil pengeluaran, dengan syarat Anda memilih jasa arsitek yang terpercaya dan profesional.

Kenapa Harus Memilih Jasa Tukang Banguna Handal dan Terpercaya?

Pada dasarnya ada banyak alasan kenapa Anda harus memilih tukang banguna handal, salah satunya agar Anda benar-benar bisa mewujudka hunian idamanmu ke dunia nyata.

Tapi lain halnya jika Anda salah dalam memilih jasa tukang bangunan rumah, Anda tidak hanya akan dirugikan dari segi finansial, waktu, dan tenaga tetapi Anda juga dibuat lebih stress. Berikut adalah beberapa alasan kenapa Anda harus memilih tukang banguna handal yang perlu Anda tahu.

  1. Anda bisa lebih mudah membaca gambar lapangan, sehingga bisa ikuti setiap proses pembangunan dengan baik.
  2. Anda dimudahkan untuk menguasai dan mengerti cara, tahap, dan proses pembangunan rumah.
  3. Tukang banguna handal akan membantu Anda untuk memahami tentang pemasangan dan konstruksi bangunan secara langsung di lapangan.
  4. Selain itu, Anda juga bisa aktif lagi bertanya mengenai sesuatu hal yang tidak Anda pahami dan mengerti terkait pembangunan rumahmu.
  5. Berkesempatan mendapatkan mandor atau penanggung jawab bangunan yang bisa dipercaya.
  6. Mendapat pekerja yang ahli di bidangnya.
  7. Biaya bangun rumah bisa diminimalkan dengan baik dan bijak.
  8. Memiliki waktu yang cukup untuk menjadi pengawas pembangunan rumah.

Anda dapat mengunjungi webside resmi kami untuk mendapatkan informasi konsultasi gratis mengenai biaya pembangunan dan renovasi rumah dan pembangunan rumah terpercaya.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *