9 Desain Jendela Unik untuk Rumah dengan Nuansa Minimalis

desain jendela

Desain jendela menjadi bagian penting di sebuah rumah. Sebuah rumah tidak akan terlihat indah dan bagus jika tak ada jendela. Sehingga membuat desain jendela yang unik, indah dan tepat menjadi hal penting dalam pembangunan rumah.

Bukan hanya terdapat pada rumah, tapi jendela minimalis juga bisa diterapkan pada bangunan lainnya seperti misalnya kantor atau apartemen. Biasanya jendela dibuat dari berbagai macam bahan, seperti kayu, besi dan bahan lainnya.

Fungsi Jendela

Selain masalah estetika atau keindahan dari jendela yang akan memengaruhi tampilan sebuah rumah, fungsi apa lagi yang terdapat pada jendela rumah ini? Berikut penuturan lengkap dari fungsi jendela pada sebuah rumah :

Untuk Melihat Bagaimana Kondisi di Luar Ruangan

Fungsi pertama dari jendela ini adalah, agar penghuni rumah bisa melihat apa saja yang ada di luar rumah. Sehingga setiap penghuni rumah bisa melihat dengan bebas ke luar ruangan melalui jendela. Sehingga kita juga bisa mengamati apa saja yang terjadi di luar rumah.

Atau apakah kondisi di luar ruangan aman atau tidak. Jika pemandangan di luar rumah indah, jendela bisa menjadi media yang tepat untuk menikmati pemandangan tersebut.

Sebagai Pintu Keluar Masuknya Cahaya

Cahaya yang muncul di pagi dan siang hari bisa keluar masuk ke dalam rumah melalui jendela. Hal ini juga baik bagi kesehatan. Selain itu, rumah akan menjadi lebih terang dan tak memerlukan cahaya tambahan misalnya dari lampu. Sehingga, tak perlu menyalakan lampu di siang hari dan bisa menghemat listrik.

Sirkulasi Udara

Sama dengan cahaya yang dapat keluar masuk melalui jendela, udara juga bisa keluar masuk melalui jendela. Karena sirkulasi udara yang baik bisa menyehatkan. Namun, pastikan Anda sudah membuat desain jendela yang baik dan tepat.

Sebagai Tempat Emergency Exit

Desain jendela yang tepat, bisa digunakan sebagai emergency exit. Apabila terjadi bencana atau apapun, sehingga tak bisa keluar dari pintu maka jendela bisa menjadi jalan keluar darurat.

Bagian dari Dekorasi Rumah

Jendela juga bisa menjadi hiasan bagi suatu rumah, dengan dekorasi dan bentuk yang unik serta artistik. Dekorasi atau desain jendela yang indah, bisa menjadi daya tarik bagi rumah itu sendiri. Itulah sebabnya, Anda harus memikirkan bagaimana model jendela minimalis yang pas.

Desain Jendela pada Ruangan

Dalam menambahkan estetika pada bentuk suatu jendela, sebaiknya Anda memilih desain yang elegan, simpel tapi modern. Ada beberapa desain jendela yang bisa Anda buat, pada setiap ruangan di rumah. Berikut penuturan lengkapnya :

Jendela Rumah

jendela rumah

Rumah yang ukurannya kecil, sedang, besar, sempit bahkan sumpek tetap harus memiliki rumah. Karena ada banyak fungsi pada jendela rumah. Model minimalis pada jendela akan membuat rumah menjadi lebih terlihat hidup. Anda bisa membuat jendela minimalis yang desainnya sederhana saja, dan tidak perlu banyak ornamen di beberapa bagiannya.

Jendela Kamar

jendela kamar

Agar merasa betah dan nyaman di kamar, Anda juga bisa membuat desain jendela yang cocok. Misalnya buat dua buah jendela unik dengan model single hung, agar Anda bisa melihat langsung pemandangan di luar yang terasa adem dan enak dipandang. Tambahkan beberapa tanaman segar di dekat jendela, sebagai pemanis ruangan kamar.

Jendela Ruang Tamu

Jendela Ruang Tamu

Sebelum menentukan desain serta model jendela yang cocok untuk ruang tamu, pastikan Anda sudah menentukan ukuran jendela dengan benar. Anda bisa memilih tipe jendela ribbon, dengan bentuk vertikal/horizontal yang memanjang dan berkonsep minimalis modern.

Jendela Kamar Tidur

Jendela Kamar Tidur

Salah satu desain jendela yang menawan untuk ruang kamar tidur rumah Anda, adalah jendela dengan tipe double wings yang bisa dibuka ke arah dalam. Supaya tidak terlalu polos, Anda bisa menambahkan buku bacaan, tanaman atau hiasan unik di area jendela.

Jendela Dapur

Jendela Dapur

Ruangan lainnya yang membutuhkan jendela yaitu ruangan dapur. Anda bisa memilih kesan fresh pada jendela dapur, yang ditambah dengan aksesoris tirai yang cantik. Pilih kusen berwarna putih agar dapur terlihat lebih lengang dan luas.

Material Pembuatan Jendela

Fungsi dekoratif pada sebuah jendela di suatu rumah, juga bisa ditentukan oleh bahan yang digunakan dalam pembuatan jendela tersebut. Anda bisa menentukan model dan bentuk jendela, dari beberapa bahan yang kuat dan kokoh untuk jendela seperti berikut ini :

Jendela Kayu

Salah satu model pada jendela berbahan kayu ini adalah jendela yang telah dilengkapi dengan kaca yang tertutup secara permanen. Nilai estetika dari desain jendela yang berbahan kayu dan kaca ini adalah ruangan yang akan terlihat lebih luas. Model jendela yang satu ini, bisa diterapkan pada ruangan kamar yang menjorok ke arah pemandangan alam di luar sana.

Jendela Kaca

Bagi beberapa rumah yang mewah dan modern, biasanya akan menggunakan model jendela kaca yang lebar dan panjang. Apalagi jika ukuran rumahnya pun luas. Kelebihan dari jendela kaca yang berukuran besar ini adalah, pencahayaan yang maksimal. Jendela kaca juga bisa menjadi alternatif pengganti dinding tembok rumah, yang akan memberikan kesan natural tapi elegan.

Jendela Besi

Teralis adalah jendela yang dibuat dari material bahan besi. Model dan bentuk teralis pada jendela sangat beragam. Misalnya desain jendela dengan bentuk garis dan segitiga. Teralis ini dipasang di luar jendela, dan mengusung warna hitam yang sangat memukau.

Jendela Aluminium

Bahan lainnya yang biasa digunakan untuk pembuatan jendela adalah aluminium. Model fixed windows pada jendela berbahan aluminium adalah pilihan yang tepat. Namun, tipe jendela ini tidak memiliki sirkulasi udara tetapi memiliki pencahayaan yang maksimal.

Acsesories Jendela yang Wajib dipakai

Untuk membuat sebuah jendela terlihat lebih indah dan cantik alami, maka Anda harus menambahkan beberapa aksesoris pada jendela tersebut. Berikut ini beberapa jenis aksesoris yang dapat menambah nilai keindahan jendela tersebut :

Gorden Jendela

Agar rumah terkesan natural tapi tetap modern, Anda bisa memilih desain gorden yang sederhana, soft, dan berwarna netral. Kesan dari gorden jendela ini adalah adem, ditambah dengan ruangan yang sangat nyaman dan membuat betah.

Tirai Jendela

Selain gorden, aksesoris lainnya yang bisa mempercantik ruangan di rumah Anda adalah tirai. Pilih desain tirai yang minimalis klasik, dengan mengusung model tirai Roller Blinds. Tirai minimalis klasik ini membuat ruangan terasa hangat, tapi tetap terlihat modern.

Grendel Jendela

Aksesoris lainnya yang tetap harus diperhatikan adalah grendel jendela, yang nantinya akan berpengaruh juga pada desain jendela yang akan dibuat. Anda bisa menggunakan grendel jendela yang terbuat dari bahan stainless. Ukurannya pun bermacam-macam, yang bisa disesuaikan kembali dengan ukuran dari jendela rumah Anda.

Kusen Jendela

Kusen pada jendela dibuat dari berbagai jenis bahan, salah satunya yang sering digunakan adalah kusen berbahan kayu. Pilih kayu dengan kualitas paling baik agar jendela selalu kuat, kokoh dan tahan lama. Padukan dengan kaca yang bening atau buram sekaligus.

Engsel Jendela

Desain jendela yang unik, bagus dan juga menarik tetap masih terasa kurang jika tidak memasang engsel di jendela tersebut. desain engsel pada jendela yang memberi kesan elegan adalah jenis engsel bubut dobel. Warna perak dan hitamnya akan membuat tampilan jendela semakin memukau.

Kanopi Jendela

Adanya kanopi pada jendela akan membuat jendela rumah Anda semakin tampak manis. Untuk memberi kesan modern, Anda bisa memilih model kanopi minimalis kontemporer yang dibuat dari bahan kain sprearhead.

Model kanopi jendela ini akan memodifikasi jendela rumah Anda menjadi lebih modern, serta fungsional. Karena dibuat dari bahan kain, maka kanopi ini bisa digulung sewaktu-waktu jika diperlukan.

Teralis Jendela

Selain membuat desain jendela menjadi semakin indah, teralis juga berkaitan dengan keamanan rumah agar tak mudah dimasuki maling. Anda bisa menggunakan desain teralis minimalis horizontal, yang dibuat dari material baja. Warna hitam adalah pilihan terbaik.

Kaca Jendela

Ingin tampilan sederhana sekaligus modern pada kaca jendela rumah Anda? Maka gunakan jenis kaca yang bening, yang tidak menggunakan bingkai. Tempatkan kaca jendela ini pada ruang tengah atau rumah tamu yang langsung mengarah ke luar, agar bisa melihat pemandangan.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan