11 Inspirasi Desain Gorden yang dapat Memperindah Rumah Anda

Desain gorden

Sebuah rumah akan tampak indah dan modern, jika penghuni rumah menambahkan beberapa aksen tertentu yang tampak menarik. Salah satunya adalah dengan memilih desain gorden yang sesuai dengan konsep rumah, atau konsep ruangan pada motif gorden itu sendiri.

Banyak orang yang kebingungan memilih jenis atau model gorden apa saja yang cocok untuk dekorasi ruangan, agar ruangan tersebut terlihat minimalis modern dan natural. Gorden, bisa dipasang di mana saja baik di jendela maupun pada pintu rumah.

Cara Pemilihan Desain Gorden yang Benar

Cara pemilihan desain gorden supaya terlihat indah, tentu harus diperhatikan dengan baik. Karena pemasangan gorden ini bisa mengganggu pemandangan, jika cara pemasangannya salah. Berikut ini tata cara dalam pemilihan desain gorden dengan benar :

1. Lakukan Pengukuran Dahulu

Lakukan pengukuran di bagian pintu atau jendela untuk pemasangan gorden. Karena, jika ukurannya kurang tepat maka desain gorden yang terpasang tidak akan cocok. Tentukan jarak paling tepat pada pemasangan agar terlihat pas. Pengukuran gorden dengan benar, tentu akan menghemat biaya supaya tidak mengganti atau mengubah model gorden yang telah dipasang dalam waktu yang cukup lama.

2. Memilih Kain Lebih Panjang dari Ukuran Jendela

Sebaiknya gunakan kain gorden yang ukuran panjangnya lebih dari ukuran pintu atau jendela. Namun sebaiknya buat pilihan ukuran gorden yang panjangnya tidak sampai ke lantai, karena gorden akan mudah kotor.

Desain gorden rumah dengan interior yang klasik, sebaiknya menggunakan ukuran gorden yang panjangnya hingga ke lantai. Alasannya adalah supaya ruangan dalam rumah tersebut tampak megah, pastikan Anda sudah menentukan desain gorden yang sesuai konsep rumah.

Jika ingin memilih ukuran gorden yang lebih panjang, maka lebihkan ukuran gorden sekitar 15-20 cm. Pastikan juga Anda telah memilih panel yang lebih lebar agar pintu atau jendela bisa tertutup secara penuh, kesan elegan akan tampak pada konsep pemasangan gorden yang seperti itu.

3. Pemilihan Warna sesuai Desain Gorden

Pilihan warna gorden menjadi salah satu akses dalam menentukan desain gorden yang sesuai dengan tampilan rumah Anda. Jika gorden akan dipasang di bagian pintu, sebaiknya gunakan warna-warna cerah. Namun, jika untuk jendela pilih desain gorden yang warnanya agak gelap.

Jika ukuran pintu di rumah Anda tidak terlalu besar, jangan memasang gorden dengan warna hitam putih atau monokrom. Karena ruangan akan tampak sempit/pengap, warna pink, putih, atau bisa juga peach bisa menjadi pilihan menarik.

4. Pilih Jenis Penyangga yang Tepat

Setelah memilih desain gorden yang tepat, langkah berikutnya yaitu desain penyangga yang tepat. Desain pada penyangga gorden ini harus sesuai dengan desain pada gorden tersebut, sehingga padanannya sesuai. Anda bisa mengkombinasikan desain penyangga dan desain gorden apa yang kira-kira tepat dan sesuai dengan konsep desain interior rumah Anda.

5. Penentuan Lubangi Dinding Penyangga Gorden

Melubangi dinding yang nantinya akan dipakai untuk tempat penyangga gorden adalah salah satu tahapan dalam memasang gorden. Gunakan bor listrik supaya ukuran lubangnya tidak terlalu besar tapi hasilnya kuat dan kokoh. Penggunaan bor listrik ini akan membuat hasil pelubangan dinding menjadi lebih rapi dan juga menarik.

6. Memasang Kain Gorden dengan Rapi

Pasang kain gorden dengan agak tinggi, hal itu dilakukan supaya menambah kesan luas pada ruangan, khususnya jika ruangan di rumah Anda tampak sempit. Agar tampak lebih indah, pasang lampu di area gorden yang tujuannya untuk pencahayaan yang bagus.

7. Gantung Kain Gorden pada Posisi yang Tepat

Posisi menggantung saat gorden sudah dipasang juga harus Anda perhatikan kembali, pemasangan gorden dengan lebih tinggi juga akan membuat visualisasi ruangan tersebut menjadi lebih luas dan tinggi.

Harga Gorden Jendela

Type dan Jenis Gorden

Harga/meter

Gorden Benang Glitter RainbowRp.27.000,-
Gorden Plisket SatenRp.55.000,-
Gorden Cat 24Rp.227.000,-
Gorden Plisket Saten RendaRp.46.000,-
Gorden Kids WorldRp.197.000,-
Gorden Saten dengan Motif BungaRp.52.000,-
Gorden NewsenzaRp.187.000,-
Gorden GJ AMIRp.37.000 – 57.000,-
Gorden SaibaRp.187.000,-
Gorden Voile berwarna PutihRp.35.500,-
Gorden Salute/SerialRp.162.000,-
Gorden BenitaRp.77.000,-
Gorden PolkadotRp.162.000,-
Gorden QuinnRp.127.000,-
Gorden OrlandoRp.97.000,-
Gorden New Senza VitrageRp.97.000,-

Gorden dapat di Sesuaikan Warna Ruangan

Pemilihan warna pada suatu gorden untuk ruangan di dalam rumah, merupakan salah satu faktor pendukung agar tampilan pada interior rumah terlihat lebih apik dan cantik. Berikut ini pilihan warna yang tepat untuk masing-masing ruangan di dalam rumah :

1. Desain Gorden Minimalis

Desain Gorden Minimalis

Untuk desain gorden yang konsepnya minimalis, Anda bisa menggunakan satu sampai dua jenis warna dengan motif yang simple dan tidak terlalu ramai. Sebaiknya tidak menggunakan lebih dari tiga warna, untuk pemilihan gorden dengan desain minimalis. Misalnya paduan warna kuning tua, putih dan abu-abu, dengan warna kuning yang lebih dominan.

2. Desain Gorden Kantor

Desain Gorden Kantor

Warna untuk gorden di kantor, juga harus selaras dengan tema ruangan itu sendiri. Karena, hal itu akan mendukung estetika dari desain kantor tersebut, jika Anda ingin warna gorden yang variatif, pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok seperti warna-warna cerah.

Namun jika Anda ingin memberi kesan elegan pada ruangan kantor Anda maka pilihlah warna yang agak gelap. Seperti misalnya warna coklat atau abu-abu tua, warna tersebut juga akan menambah kesan eksklusif pada ruangan kantor.

3. Desain Gorden Pintu

Desain Gorden Pintu

Ada banyak model dan desain yang bisa Anda terapkan pada pintu rumah Anda. Mulai dari motif yang sederhana hingga yang agak ramai, jika ingin memilih gradasi pada warna gorden pintu di rumah Anda, maka gunakan warna yang netral.

Seperti misalnya paduan warna hitam dan putih, coklat dan putih, mint dan putih dan sebagainya. Pilihan warna tersebut akan membuat tampilan rumah Anda semakin rupawan.

4. Desain Gorden Jendela Minimalis

Desain Gorden Jendela Minimalis

Bagi desain rumah minimalis yang tidak mengusung aksen atau dekorasi tertentu, sebaiknya pilih warna yang netral saja. Misalnya warna krem yang dipadukan dengan kombinasi tirai berwarna putih. Warna natural pada gorden jendela ini cocok untuk ruangan yang luas dengan konsep yang juga minimalis.

5. Desain Gorden MurahDesain Gorden Murah

Ada banyak gorden yang harganya murah meriah tapi memiliki aneka warna yang cerah ceria dan cocok untuk dipasang di rumah Anda. Pilihan warna cerah ini seperti misalnya hijau muda, kuning muda, oranye, atau warna merah. Pilih warna gorden yang sesuai dengan selera Anda atau disesuaikan dengan warna tembok rumah.

6. Desain Gorden Rumah Sakit

Desain Gorden Rumah Sakit

Gorden juga dibutuhkan di ruangan-ruangan yang ada di rumah sakit. Model dan warnanya sangat beragam, misalnya tipe jaring, semi plastik, full plastik dan sebagainya. Biasanya warna yang dipilih adalah warna-warna kalem, dan dikombinasikan dengan warna putih di bagian atasnya.

7. Desain Gorden Mewah

Desain Gorden Mewah

Untuk desain gorden yang mewah dan tampak berkelas, sebaiknya gunakan warna yang sama dengan tema rumah tersebut atau warna dari keseluruhan rumah. Karena jika warnanya tak selaras tampilannya menjadi tidak menarik.

Misalnya, pilih warna gorden yang sama dengan warna pada rel gorden, kusen, daun jendela, pintu, cat tembok dan sebagainya. Untuk menambah kesan elegan, pilih warna-warna yang cenderung gelap.

8. Desain Gorden Rumah

Desain Gorden Rumah

Untuk desain gorden yang bagus pada rumah dengan konsep tertentu, bisa dipilih warna apa saja. Atau bisa juga dengan menggunakan warna gradasi yang simpel, seperti warna krem putih, biru putih, kuning putih dan sebagainya.

9. Desain Gorden Blackout

Desain Gorden Blackout

Gorden blackout adalah jenis gorden yang bahan kainnya tebal. Desain gorden ini banyak dipilih karena desainnya sederhana, elegan dan cocok untuk rumah dengan desain minimalis. Pilih warna gorden blackout yang tone warnanya sedikit lebih muda dari warna cat tembok rumah.

Bisa juga dengan memilih warna yang senada dengan warna cat tembok rumah. Misalnya jika tembok rumah Anda berwarna pastel, maka pilih warna yang sama untuk gorden blackoutnya.

10. Desain Gorden Dapur

Desain Gorden Dapur

Gorden yang dipasang di dapur biasanya adalah gorden yang dipasang untuk menutupi kolong dapur. Pemilihan warnanya sesuaikan dengan tema warna yang ada di dapur tersebut. misalnya jika ruangan dapur Anda dominan hitam, maka pilih warna yang hampir serupa dengan hitam.

11. Desain Gorden Kamar

Desain Gorden Kamar

Dalam menentukan desain gorden beserta warnanya, cukup mudah. Anda bisa memilih warna netral seperti warna yang berhubungan dengan alam, atau warna-warna gelap seperti hijau tua, sebaiknya tidak memilih warna yang mencolok.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *