Perbandingan Dak Keraton dengan Dak Konvensional 2 Lantai

dak keraton

Rumah 2 lantai menjadi salah satu rumah favorit di perkotaan karena tidak memerlukan lahan yang luas. Buka hanya menambah ruangan saja, bentuk rumah dua lantai sangat bagus untuk diterapkan di perumahan kompleks. Terlebih dak yang tersedia sangat bervariasi, termasuk dak keraton menjadi salah satu alternatif pilihan yang ekonomis.

Biasanya dak digunakan untuk material pembangunan lantai atas. Beda dengan cor manual atau cor batu bata, keramik beton ditambah rangka konstruksi di bagian tengah sehingga lebih kokoh. Keramik beton sebagai pembuat dak yang terpercaya juga bukan omong kosong.

Tidak heran karena banyak kelebihan yang dimilikinya. Menariknya, dak ini kerap digunakan untuk pembuatan gedung pencakar langit. Wajar jika menjadi pilihan terbaik untuk rumah dua lantai yang sedang Anda bangun.

Pemasangan Dak Keraton

Pemasangan dak rumah dengan menggunakan keramik beton bisa disebut cukup kompleks. Tidak heran jika banyak yang menyarankan menggunakan tenaga ahli profesional. Berikut langkah untuk memasang dak rumah menggunakan sistem keraton:

Langkah Pertama

Langkah pemasangan dak yang pertama adalah perakitan dak terlebih dahulu. Beberapa lembar keraton digabungkan menjadi satu untuk membentuk ruang yang kokoh di dalamnya.

Langkah Kedua

Langkah berikutnya adalah memasang penyangga bawah. Penyangga yang digunakan cenderung lebih sedikit dibanding dak manual. Pasalnya hanya membutuhkan dua penyangga saja.

Langkah Ketiga

Penyangga bawah fungsinya untuk proses finishing lantai bawah. Artinya, proses pengerjaannya tidak mengganggu pengerjaan dak yang dilakukan. Pemasangan dak rumah keraton tidak membutuhkan tenaga banyak. Wajar karena bobot dak yang terbilang cukup ringan.

Langkah Keempat

Setelah besi tulangan telah dikunci, kemudian dak sudah bisa di cor. Pengerjaannya tidak sulit karena hanya perlu menambal di sela tatanan keraton saja.

Langkah Kelima

Setelah semua celah tertutup cor dengan baik, pemasangan dak rumah berikutnya adalah merabatnya dengan beton setebal 2 hingga 4 cm pada bagian atasnya.

Langkah Keenam

Setelah selesai, rabat lantai telah jadi dan  bisa langsung dipasangi keramik sesuai keinginan

Perbandingan Dak Keraton dengan Cor Manual

Perbandingan pemasangan dak rumah keraton dan cor manual sangat besar. Tidak heran karena dak rumah keraton memiliki beberapa keunggulan dibanding cor manual. Mari dibandingkan kedua jenis cor tersebut:

Bobot

Bobot material nyatanya lebih ringan dibanding cor manual. Pasalnya bobot dak rumah keraton hanya sekitar 130 hingga 150 kg per m2 saja. Tentu berbeda jauh dengan bobot cor manual yang mencapai 288 kg per m2.

Ekonomis

Harga yang ekonomis juga melekat pada jenis dak ini. Setidaknya Anda bisa hemat 60 persen bila menggunakan dak rumah keraton. Jika memakai cor manual biasanya material yang diperlukan lebih banyak sehingga harganya juga lebih mahal.

Waktu Pengerjaan

Menggunakan material plat lantai cetakan untuk rumah dua lantai yang sedang dibangun juga memberi waktu pengerjaan pemasangan dak keraton yang lebih cepat. Pasalnya tidak membutuhkan bekisting yang terlalu banyak sehingga tidak ribet ketika pemasangannya, serta meminimalisi upah tukang bangunan yang mengerjakan pemasangan dak keraton.

Meskipun ada beberapa keunggulan, pemasangan menggunakan dak keraton juga ada kekurangan dibanding cor manual. Contoh kekurangan paling nyata pada dak ini adalah ketebalan lapisan beton cenderung lebih tipis.

Harga Dak Keraton

Setelah mengetahui cara pemasangan dak keraton sekaligus perbandingannya dengan cor manual, berapa kira-kira harga dari dak rumah? Seperti yang telah disinggung, harganya cukup ekonomis karena tidak membutuhkan banyak material untuk pengaplikasiannya.

Soal harga tentu setiap suplier memiliki harga yang berbeda-beda. Hal tersebut menyesuaikan domisili rumah masing-masing. Harga pemasangan dak rumah keraton per meter persegi biasanya mencapai 600 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah.

Jangan melihat dari angka rupiah yang tergolong besar. Pasalnya angka tersebut sudah termasuk material yang nanti dibutuhkan ketika pemasangan. Bahkan nominal harga tersebut masih tergolong murah jika dibanding menggunakan cor manual atau konvensional.

Supplier Dak Keraton di Medan

Butuh supplier dak keraton di daerah Medan? Tenang saja karena saat ini kami telah memiliki cabang di kota medan sebagai distributor. Dak keraton yang disediakan terbuat dari bahan berkualitas sehingga meningkatkan estetika dan fungsi dak agar rumah tetap kokoh.

Belum lagi ada beberapa motif pilihan yang bisa dipilih sesuai keinginan pengguna. Harga material yang kami tawarkan tergolong murah dibanding supplier lain. Jadi wajar jika banyak yang merekomendasikan kami.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *