6 Langkah Tahapan Cara Mengecat Dinding Lama Rumah Tinggal

cara mengecat dinding lama

Pada dasarnya, setiap produk rumah dapat menjadi lembab karena banyak hal. Sebut saja kegiatan sehari-hari seperti memasak, mencuci dan mandi. Tidak hanya kegiatan ini, udara yang kita hirup juga menjadi lembab. Tetapi banyak yang tidak tau cara mengecat dinding lama dengan benar.

Juga, jika penduduk rumah banyak, maka akan kandungan air lebih banyak pula diproduksi setiap hari sebagai gantinya. Udara lembab dapat memasuki rumah bocor melalui beberapa celah, seperti atap bocor dan lantai dan jendela juga terbuka selama musim hujan.

Tidak hanya itu, kelembaban juga dapat terjadi karena hewan di rumah, misalnya kecoa. Kecoa sangat menyukai udara lembab. Jadi kecoa sering ditemukan di kamar mandi atau selokan.

Jika rumah Anda terdapat beberapa kecoa, maka rumah Anda dalam kondisi lembab. itu adalah hal yang buruk, karena akan menyebabkan banyak bakteri yang tumbuh di rumah Anda.

Cara Mengecat Dinding Lama

Pengupasan Bagian Cat Lama

Cara mengecat dinding lama haruslah diawali dengan pengupasan cat lama atau cat existing yang sudah memudar atau terlepas. Mengupas cat lama pada dinding merupakan salah satu cara jika Anda mengalami dinding yang berjamur. Alat yang bisa Anda gunakan adalah Paint Remover. Berikut cara mengecat dinding lama penggunaan Paint Remover.

  1. Oleskan paint remover pada dinding yang ingin dikelupas.
  2. Diamkan 2 – 3 menit hingga lapisan cat menggembung.
  3. Kupas dengan sekrap.
  4. Bersihkan sisa paint remover yang masih menempel dengan air.
  5. Diamka hingga mengering.
  6. Setelahnya, haluskan dengan amplas.

Pemberian Lapisan Alkali Resisting Primer

Alkali Resisting Primer adalah cat emulsi dengan 100% bahan akrilik yang memiliki sifat tertentu, yaitu perlawanan terhadap pengisi daya alkali, tinggi dan adhesi yang sangat baik dan karena itu pencatatan polishing sebuah akhir untuk mempercepat proses mendapatkan warna akhir yang diinginkan.

Direkomendasikan untuk digunakan pada permukaan dinding baru dengan plester semen / beton kering yang digunakan sempurna. Caranya adalah tanpa pengenceran dengan air. Cara mengecat dinding lama yang sudah berjamur dan lembab memang membutuhkan cara ekstra agar asil akhir setelah pengecetan tidak muncul bercak jamur baru.

Pilihan Merk Cat Berkualitas

Cara mengecat dinding lama yang baik juga harus di dukung dengan merk cat yang berkualitas pula. Setiap merk cat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta kualitas yang juga berbeda. Pabrik cat bersaing dalam berinovasi terhadap kebutuhan orang-orang untuk cat hunian yang nyaman dan tahan lama. Berikut rekomendasi merk cat yang dapat Anda jadikan pilihan.

1. Cat Tembok Dulux Catylac

Yaitu cat dengan formula Chroma Brite Glow yang menjanjika hasil akhir warna yang berkilau. Tersedia dalam kemasan galon 4,5 kg dan 22 kg

2. Cat Tembok Nippon Paint

Yaitu cat dengan formula yang dapat mengurangi Volatile Organic Compound (VOC) sampai dengan nol. Serta tidak terdapat bau selama proses pengerjaan.

3. Cat Tembok Avitex

Yaitu cat dengan formula tahan lama, mudah dicuci jika kotor, cepat kering, dan memiliki begitu banyak warna untuk menghiasi rumah Anda.

4. Cat Tembok Jotun

Yaitu cat dengan formula yang membuat tembok mudah dibersihkan. Misalnya ketika anak menggambar di tembok, serta merupakan cat anti jamur.

5. Cat No Drop

Yaitu cat dengan pelapis anti bocor yang bersifat elastis, kedap air, dan tahan cuaca.

Jasa Tukang Cat Borongan di Medan

Setiap orang mengimpikan rumah yang indah dipandang dan nyaman dihuni oleh seluruh anggota keluarga. Cat tembok dengan warna yang tepat adalah salah satu caranya. Tidak semua orang dapat memilih warna yang tepat untuk menghias rumahnya. Oleh karena itu, kami siap menjadi rekan Anda untuk mewujudkan rumah impian Anda.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *