10 Cara Memperbaiki Rumah Bocor Rembes dan Lembab Saat Hujan

memperbaiki rumah bocor

Salah satu permasalahan yang biasanya akan sangat merepotkan pada saat musim hujan tiba adalah rumah bocor, rembes dan lembab yang terjadi pada atap rumah maupun dinding banguan yang menjadi permasalahan umum yang sering di alami. Ada berbagai macam jenis kebocoran yang paling sering terjadi pada rumah yang usia pembangunannya sudah lama atau dapat dikarenakan kesalahan dalam pembangunannya.

Anda perlu mengetahui cara memperbaiki rumah bocor sehingga Anda lebih mudah mengatasinya agar rumah Anda kembali nyaman untuk ditempati dan tidak merepotkan ketika hujan datang pada malam hari di saat Anda sedang terlelap tidur.

Penyebab Rumah Bocor

Kebocoran pada atap adalah salah satu hal yang paling sering terjadi, bahkan buka hanya mengganggu tetapi juga akan berakibat pada kerusakan interior bangunan yang lainnya juga. Rumah bocor saat hujan juga dapat menyebabkan kerusakan bagian atap lainnya seperti plafon, langit-langit rumah, cat dinding.

Bahkan yang paling berbahaya bisa mengakibatkan terjadinya hubungan pendek arus listrik yang bisa saja menyebabkan kebakaran. Sebelum mengetahui cara memperbaiki rumah bocor, maka Anda sebaiknya terlebih dahulu perlu untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kebocoran.

1. Bentuk Atap

Meskipun tidak secara langsung berpengaruh, namun bentuk atap juga bisa dikatakan sebagai salah satu penyebab atap bocor dan rembes pada saat hujan. Ada beberapa jenis bentuk atap yang memiliki potensi cukup besar menyebabkan kebocoran, yaitu:

  • Bentuk atap yang tetlalu curam atau terlalu landai
  • Bentuk atap yang terlalu banyak sudutan
  • Bentuk atap yang tidak proporsional

2. Kemiringan Atap

Tiap jenis atap atau yang juga dikenal dengan sebutan genteng memiliki standar tertentu khususnya yang berkaitan dengan kemiringan atap yang menyebabkan atap rumah bocor dan rembes. Contohnya seperti, genteng yang terbuat dari tanah liat sebaiknya dipasang dengan kemiringan mulai dari 30 derajat. Namun, jika atap yang terbuat dari bahan metal maka sebaiknya dipasang dengan kemiringan yang lebih landai sekitar 5 derajat saja.

Sebelum proses pemasangan atap, Anda perlu tahu bahwa semakin landai atap dipasang, maka akan semakin terbuka celah terhadap angin. Hal tersebut juga bisa diartikan bahwa semakin curam atap dipasang maka akan semakin tahan bocor, namun jika terlalu curam malah bisa membuat titik pertemuan antar genteng yang seharusnya saling mengunci malah menjadi longgar, yang sekaligus mengakibatkan genteng bergeser.

Maka seharusnya Anda memilih jenis genteng yang sesuai dengan tingkat kemiringan yang Anda inginkan atau sebaliknya, Anda perlu menyesuaikan tingkat kemiringan dari jenis genteng yang Anda pilih itu dengan desain rumah yang Anda miliki.

3. Atap Bentuk Pelana

Jenis bentuk atap kedua yang lebih berpotensi menyebabkan terjadinya rumah bocor adalah bentuk atap rumah yang seperti pelana atau sering disebut pula dengan jurai. Bentuk atap seperti ini terbentuk dari beberapa bidang dengan kemiringan yang sama dan masing-masing kemiringan itu menuju satu puncak.

Bentuk atap pelana ini sangat rawan terjadi atap rumah bocor, oleh sebab itu Anda perlu membuat talang berukuran sempit bahka hingga tidak ada celah sama sekali. Material yang sebaiknya dipilih untuk talang rumah dengan atap berbentuk pelana sebaiknya terbuat dari material yang tahan terhadap perubahan cuaca.

4. Jenis Material

Bahan dasar pembuata atap juga dapat menyebabkan atap rumah bocor, contohnya genteng yang terbuat dari tanah liat tentu rawan retak dan pecah. Sementara itu, atap yang terbuat dari bahan fiber rawan menyebabkan kebocoran jika terlalu lama di bawah paparan sinar matahari dan udara panas berlebihan.

Untuk mencegah terjadinya kebocoran, maka Anda perlu mempelajari sifat bahan pembuat genteng. Setidaknya Anda perlu mengetahui apa saja kelemahan dari bahan pembuat genteng tersebut. Anda juga perlu mengetahui struktur atap yang tepat sehingga kuat menopang tumpukan genteng yang disusun sedemikian rupa sehingga tidak bergeser ataupun patah.

5. Talang Air

Selain genteng, talang juga dikenal sebagai salah satu bagian atap yang bisa menyebabkan atap rumah bocor menjadi ririk bocor yang sulit diketahui. Umumnya, kebocoran yang disebabkan oleh talang air terjadi karena talang yang bergeser akibat dari ikatan yang tidak kuat. Selain itu, biasanya juga disebabkan karena pengaruh usia dari bahan tersebut apalagi jika terlalu lama terpapar cuaca panas.

Jika di sekitar rumah terdapat banyak pohon, sebaiknya Anda juga perlu untuk rajin membersihkan sampah daun kering yang berjatuhan ke atap dan berpotensi mengakibatkan penyumbatan talang. Talang yang tersumbat tumpukan daun kering juga dapat menyebabkan kebocoran. Maka dari itu, saat musim hujan tiba sebaiknya sempatkan waktu untuk memeriksa kondisi talang air di rumah Anda.

6. Dak Beton

Saat ini cukup banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan atap dak beton, sebab mereka beranggapan bahwa atap dari dak beton lebih kecil peluangnya untuk mengalami atap rumah bocor dan rembes. Sebenarnya alasan itu tidak sepenuhnya benar, karena dak beton masih memiliki peluang bocor jika tidak dilapisi dengan lapisan kedap air yang berkualitas.

Retakan dan kesalahan kerja pada saat pengecoran lantai dak benton menjadi faktor utama kebocoran yang paling umun sering terjadi, kebocoran dak beton memang tidak langsung akan terlihat. Akan tetapi kebocoran pada dak dapat diawali dari rembesan, tetesan air atau pun lumut yang muncul pada permukaan beton.

Bagian Kerusakan Rumah Bocor

Umumnya, sumber titik rumah bocor dalam sebuah rumah itu terletak pada area atap khususnya atap berbahan genteng, area atap dak beton, nok, jurai dan pertemuan antar dinding. Sebaiknya menjelang musim hujan, Anda juga perlu menyempatkan waktu untuk memeriksa area-area rumah yang rentan mengalami kebocoran dan rembes. Jika Anda menemukan kejanggalan, maka segera perbaiki guna mengurangi resiko bocor saat musim hujan.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi rumah bocor yang bisa Anda coba lakukan jika menemukan kejanggalan di beberapa area rumah yang rentan bocor. Solusi-solusi di bawah ini diharapkan setidaknya bisa mengurangi resiko kebocoran yang lebih parah.

1. Atap Genteng

Biasanya permasalahan kebocoran pada atap yang menggunakan bahan genteng itu disebabkan karena dua hal, yaitu pemasangan genteng yang kurang benar, entah karena kemiringan genteng yang dipasang itu terlalu landai (rentan bocor) atau terlalu curam (rentan melorot).

Sebelum musim hujan tiba Anda perlu memastikan bahwa kemiringan genteng dalam posisi ideal yaitu 30-40 derajat. Kebocoran pada atap berbahan genteng juga bisa disebabkan karena permasalahan pada rangka. Masalah itu disebabkan  pemasangan rangka yang tidak rata, rangka tidak mampu menopang penutup atap atau memang karena rangka sudah rusak.

2. Dak Beton Cor

Meskipun dianggap lebih tahan bocor, namun jika dari awal pemasangannya tidak benar maka atap dak beton akan lebih mudah retak dan akan menjadi sumber kebocoran. Agar air tidak menggenang, Anda sebaiknya perlu memperhatikan kemiringannya dan jangan lupa untuk melapisi dak beton dengan lapisan kedap air atau juga waterproofing secara rutin minimal dua tahun sekali.

3. Rabung Atap

Sumber kebocoran berikutnya terletak pada rabung atap, biasanya kebocoran dan rembes sehingga mengakibatkan rumah bocor disebabkan karena pemasangan join rabung dengan sambungan atap tidak sempurna sehingga area tersebut menjadi memiliki celah rongga yang terbuka. Anda juga perlu melapisi area tersebut dengan lapisan kedap air secara rutin atau memastikan nagwa celah yang timbul tidak terlalu lebar sehingga mengakibatkan tampias air saat hujan dapat masuk kedalam bangunan.

4. Talang Jurai

Mengurangi peluang kebocoran dari jurai harus dilakukan pada saat proses pemilihan bahan yang akan digunakan sebagai jurai. Jangan pilih bahan jurai dari material yang mudah bocor misalnya seperti seng. Serta Anda perlu pula untuk memilih material yang minim sambungan, apalagi jika jurai tersebut juga difungsikan sebagai talang air.

5. Sambungan Atap dan Dinding

Risiko kebocoran yang sumbernya berasal dari pertemuan antar dinding dan atap bisa diminimalisasi pada saat proses pembangunan rumah. Pada saat proses pengerjaan pembangunan rumah, seharusnya celah pertemuan antar dinding harus ditutup rapat sehingga tidak berisiko mengalami kebocoran.

Dampak dari Rumah Bocor

Kebocoran akan sangat berdampak buruk pada kondisi rumah, bahkan buka hanya menyebabkan ketidaknyamanan namun juga bisa membahayakan penghuni rumah. Kebocoran juga bisa mengakibatkan berbagai prabot rumah khususnya yang terbuat dari bahan-bahan kayu akan menjadi lembab dan mudah keropos.

Permasalahan rumah bocor yang tidak segera diperbaiki, khususnya pada plafon rumah akan bisa berakibat kerusakan yang semakin parah bahkan dapat menyebabkan plafon rubuh. Plafon yang terus menerus terkena air bocoran akan menimbulkan munculnya jamur dan terurai tanpa perbaikan yang tepat akan menjadi keropos dan lama kelamaan akan tidak bisa menahan rangka plafon yang kemudian akan mengakibatkan ambruk.

Selain itu juga, jika kebocoran berasal dari lantai atau dinding di kamar mandi, maka hal tersebut bisa menimbulkan bau yang kurang sedap dan tentunya kamar mandi Anda akan terlihat kotor dan kumuh. Apalagi jika kebocoran tersebut terjadi di kamar mandi yang ada di lantai atas, maka bisa saja rembesan air bocor itu menetes ke lantai bawah.

Cara Memperbaiki Atap Rumah Bocor

rumah bocor

Memperbaiki kebocoran pada atap bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, salah satunya adalah melapisi atap dengan lapisan kedap air (waterproof). Seperti diketahui, saat ini sudah banyak produk cat yang bisa digunakan untuk melapisi atap sehingga atap tidak lagi bocor. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa tidak ada tumpukan daun kering di atas atap yang berpotensi menyumbat bagian aliran air.

Cara Mengatasi Dinding Rumah Bocor

Kebocoran yang terjadi pada dinding rumah juga bisa diperbaiki dengan cara yang cukup mudah. Salah satu solusi untuk mengatasi kebocoran dinding adalah dengan melapisi dinding rumah dengan lapisan cat yang kedap air dan bersifat alkaline. Sayangnya, solusi tersebut hanya dapat bertahan dalam jangka pendek saja, oleh sebab itu sebaiknya Anda mencari terlebih dahulu sumber rembesan pada dinding rumah.

Jika sumber kebocoran pada dinding berasal dari retakan dinding, maka sebaiknya Anda terlebih dahulu menutup retakan dengan menggunakan semen atau mengaci ulang bagian yang retak dengan semen khusus. Dan setelahnya menutup retakannya dengan lapisan cat alkaline yang bersifat elastis.

Cara Memperbaiki Dak Rumah Bocor

Ada dua cara jitu membaiki rumah bocor yang bisa Anda lakukan jika sumber kebocorannya terletak pada lantai dak yang sudah Anda ketahui, yaitu:

1. Retak pada Lapisan Nut Keramik

Jika keretakan lantai dak rumah Anda itu hanya sebatas retak pada nut keramik saja, maka Anda bisa langsung melapisi retakannya dengan semen dan kemudian dilapisi lagi dengan lapisan semen nut yang terbuat dari bahan polyureTEMPTEMPthane (PU). Jika retak pada keramik hanya sedikit maka sebaiknya tutup bagian yang retak itu dengan semen.

2. Retak pada Struktur Beton

Jika keretakan lantai dak rumah Anda itu sudah mencapai beton, maka Anda perlu memperbaiki betonnya terlebih dahulu dengan cara menutup retaknya. Caranya dengan menggunakan adukan beton yang telah dicampur dengan cairan aditif agar bisa masuk ke bagian yang retak. Untuk mengisi bagian beton yang retak, Anda sebaiknya menggunakan bahan khusus yang terbuat dari material epoxy.

Agar cairan untuk mengisi bagian beton yang retak itu bisa masuk, maka diperlukan mesin grindra untuk membentuk pola sayatan di mulut retakan secara memanjang dan mengikuti alur retakan. Hindari memaksakan untuk membobok beton menggunakan palu sebab area yang retak akan bisa bertambah lebar akibat getaran yang timbul.

Setelah tertutupi, lanjutkan dengan melapisi lantai dak menggunakan lapisan waterprof kemudian lapisi lagi dengan acian semen halus agar tidak merusak lapisan waterprof yang telah dipasang.

Cara Memperbaiki Kamar Mandi Bocor

rumah bocor

  • Jika kamar mandi dalam rumah Anda mengalami kebocoran, maka langkah pertama yang harus dilakukan untuk memperbaikinya adalah dengan mencari sumber kebocoran tersebut.
  • Setelah mengetahui sumber yang menyebabkan bocor, tandai titik bocor tersebut.
  • Bongkar keramik lantai kamar mandi dan bersihkan dari sampah dan serpihan bongkaran.
  • Campurkan lapisan kedap air (waterproof) yang berbentuk bubuk dan waterproof berbentuk cairan, sehingga menjadi pasta.
  • Lanjutkan dengan menyapukan lapisan kedap air itu dengan menggunakan kuas secara vertikal ke seluruh area, bahka hingga ke area sekitar floor drain.
  • Tunggu hingga lapisan waterproof kering.

Cara Memperbaiki Bak Kamar Mandi Bocor

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menguras bak mandi dan tunggu hingga kering.
  • Kemudian cari letak retakan sumber kebocoran.
  • Lanjutkan dengan membersihkan sumber yang menyebabkan kebocoran itu kemudian keringkan terlebih dahulu.
  • Jika sumber kebocoran terlalu kecil, maka terlebih dahulu buat lebih lebar sumber kebocoran dengan menggunakan cutter. Cara ini perlu dilakukan agar proses perbaikan bak kamar mandi yang bocor itu bisa lebih mudah.
  • Ambil lem silikon untuk akuarium dan lanjutkan dengan menempelkan lem tersebut ke area tengah lubang dan secara merata di area sekitar lubang.
  • Tunggu lem hingga benar-benar kering.
  • Ambil cutter dan potong serta ratakan tonjolan dari lem yang tidak merata itu.
  • Tunggu hingga sehari semalam sebelum bak mandi diisi lagi dengan air.
  • Jangan lupa pula untuk membubuhkan lem silikon ke bagian pinggiran bak yang menempel ke struktur penyangga agar air yang meluap itu tidak kembali rembes ke bagian dalam penyangga bak kamar mandi.

Cara Perbaiki Kebocoran pada Pipa

rumah bocor

Hampir sama dengan cara perbaikan rumah bocor lainnya, yaitu Anda harus mencari tahu terlebih dahulu sumber dari kebocoran pada pipa tersebut. Tandai area kebocoran yang muncul, jika Anda menggunakan lantai keramik maka Anda sebaiknya mencoba menuangkan adonan nat keramik. Apabila muncul air dari arah keramik saat pompa dinyalakan maka memang terjadi kebocoran pada pipa.

Anda perlu memeriksa kondisi pipa dan baru menentukan apakah pipa tersebut bisa ditambal atau memang harus dilakukan pergantian pipa. Jika sumber kebocoran terletak pada sambungan pipanya, maka sebaiknya ganti pipa yang baru, namun sebelumnya jangan lupa untuk melapisi pipa baru dengan sealtape untuk mencegah kebocoran lagi.

Apabila pipa yang bocor itu cukup parah hingga mencakup keseluruhan lingkaran pipa, maka sebaiknya Anda perlu memotong dan kemudian menyambungnya. Tetapi, jika kebocoran pada pipa tersebut hanya pada setengah lingkaran dari pipa saja, maka Anda hanya perlu menambalnya.

Biaya Perbaikan Rumah Bocor

Biasanya, kerusakan-kerusakan kecil di beberapa bagian rumah seringkali tidak menjadi perhatian, apalagi jika Anda sudah merasa nyaman dengan keadaan rumah tersebut. Kerusakan yang kecil itu bisa berakibat lebih parah jika tidak segera diperbaiki dan tentunya akan mengganggu kenyamanan apalagi jika musim hujan sudah tiba dan rumah Anda telah mengalami kebocoran.

Agar kenyamanan dalam rumah Anda tidak terganggu, sebaiknya Anda perlu memeriksa secara berkala kondisi rumah Anda. Periksa setiap sudut bagian rumah Anda dan kemudian jika ada kejanggalan yang berpotensi mengakibatkan kebocoran, maka Anda perlu segera mencari jasa perbaikan rumah bocor yang menawarkan jasa perbaikan berkualitas denga harga yang masuk akal.

Berikut ini ada daftar perkiraan rata-rata biaya yang diperlukan untuk memperbaiki kebocoran pada beberapa bagian rumah:

Bagian Kerusakan

Biaya Perbaikan

Atap Rp 130.000/m2
Dinding Rp 40.000/m2
Lantai Rp 125.000/m2
Plafon Rp 100.000/m2

Jasa Perbaikan Rumah Bocor Medan

Bila Anda mengalami permasalahan rumah bocor, lembab dan rembes pada saat hujan turun, maka Anda sebaiknya menggunakan bantuan tukang perbaikan rumah bocor. Kebocoran pada rumah dapat berupa lembab atau hanya titisan air yang akan terjadi pada awal-awal kebocoran pada rumah, akan tetapi jika terus dibiarkan akan merusak interior bangunan dan mengganggu kesehatan. Kami menawarkan jasa perbaikan dan perawatan rumah bocor, rembes dan lembab pada rumah.

Sumber : banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *