5 Cara Kredit Rumah dengan pengajuan Prosedur yang Mudah

cara kredit rumah

Cara kredit rumah adalah solusi bagi Anda yang ingin memiliki rumah atau membangun rumah impian dengan biaya yang ringan. Untuk memiliki rumah hunian yang layak, ada banyak sumber pembiayaannya yang dapat Anda manfaatkan. Salah satunya adalah dengan melakukan pinjaman dari lembaga keuangan, yakni bank maupun KPR.

Akan tetapi cara kredit rumah Anda harus memenuhi semua syarat dan ketentuan yang setiap bank buat untuk menjamin keberlangsungan dan kemampuan pembayaran, sebelum pihak bank memutuskan  untuk memberikan bantuan pembiayaan rumah. Untuk itu Anda perlu tau cara kredit rumah yang benar dan prosedur yang harus Anda lalui.

Cara Mengajukan Kredit Rumah ke Bank

  1. Membuat RAB (Rancangan Anggaran Biaya). Jika tidak bisa membuat RAB, Anda dapat menggunakan jasa kontraktor atau orang yang Anda anggap ahli dibidangnya.
  2. Untuk menentukan jumlah pinjaman dan jangka waktu peminjaman yang sesuai dengan kemampuan Anda dalam mengangsur pinjaman bank, jaga komunikasikan dan berkonsultasilah dengan petugas kredit bank. Melalui tabel angsuran yang disediakan oleh pihak bank Anda bisa mengetahui jumlah dan jangka waktu pinjaman yang Anda rasa sesuai dengan kemampuan Anda.
  3. Tahap selanjutnya adalah Anda harus mengajukan pinjaman ke Bank. Untuk proses persetujuan pinjaman, lengkapi pengajuan Anda sesuai dengan persyaratan dan kektentuan yang bank minta, sebagai pelengkap berkas dokumen pengajuan Anda.
  4. Selanjutnya akan dilaksanakan pengikatan jaminan dan penandatangan perjanjian pinjaman jika memang pengajuan Anda disetujui oleh pihak bank. Jadi Anda harus sabar menunggu pemberitahuan status persetujuan kredit yang Anda ajuka hingga beberapa hari kerja, lamanya proses persetujuan dan peninjauan pihak bank akan bervariasi di setiap instansi lembaga keuangan.
  5. Setelah seluruh persyaratan terpenuhi, langkah yang terakhir adalah pencairan dana dari bank. Pencairan ini segera dibayarkan oleh bank ke nomor rekening Anda. Untuk Bank Niaga diberikan target 3 hari kerja sesudah proses pengajuan dinyatakan lengkap dan untuk Bank BCA diberikan target 7 hari.

Cara Kredit Rumah yang Aman

Mustahil rasanya hidup tanpa punya rumah. Dalam kehidupan sehari-hari rumah merupakan suatu tempat yang selalu memberikan ketenangan dan kenyamanan. Namun rumah Anda pasti mengalami kondisi perubahan seiringnya waktu serta berbagai kondisi alam yang terjadi.

Perubahan dapat berupa karena bertambahnya anggota keluarga dan juga kebutuhan aka hunian yang berubah karena waktu dan kondisi tertentu. Perubahan kondisi tersebut memaksa Anda perlu melakukan renovasi perluasan bangunan ataupun perubahan fungsi bangunan bahkan mungkin sampai pindah ke rumha yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun sayangnya, pendapatan yang semakin banyak justru diimbangi dengan pengeluaran semakin banyak pula dan pada akhirnya berdampak pada tidak adanya anggaran untuk memenuhi kebutuhan aka hunian yang layak tersebut. Jangan khawatir, untuk memiliki rumahyang sesuai Anda dapat melakukan pinjaman uang di bank melalui pengajuan pembiayaan berjangka dengan cara kredit rumah. Berikut daftar bank rekanan penyedia pinjaman kredit rumah :

1. Bank BTN

Bank BTN menyediakan jenis produk kredit agunan rumah atau KAR BTN. Cara kredit rumah yang dapat Anda lakukan dengan memenuhi kebutuhan konsumtif Anda melalui Kredit Agunan Rumah atau KAR BTN dengan menjaminkan rumah/ruko/apartemen/rukan yang Anda miliki.

Keunggulan KAR BTN

  • Jangka waktu fleksibel
  • Suku bunga kompetitif
  • Terdapat asuransi kebakaran dan asuransi jiwa kredit

Persyaratan Cara Kredit Rumah BTN

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 21 tahun
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap minimal 1 tahun
  • Memiliki NPWP pribadi.

2. Bank Danamon

Wujudkan mimpi Anda dalam memiliki rumah idaman agar semua impian Anda dapat terwujud bersama Bank Danamon. Dalam hal ini Bank Danamon akan membantu Anda memberikan pinjaman pendanaan kredit rumah. Anda akan mendapatkan pembiayaa hingga 90% dengan tenor hingga 15 tahun, jika Anda ingin memiliki rumah dengan pinjaman uang dari Bank Danamon Anda harus mengetahui prosedur cara kredit rumah yang di tentukan oleh bank Danamoon.

Persyaratan Cara Kredit Rumah Bank Danamon

  • Warga Negara Indonesia
  • Karyawan, profesional dan wiraswasta
  • Memiliki pendapatan minimum 4 juta rupiah
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun

3. Bank BCA

Tak mau kalah dengan Bank BTN dan Bank Danamon, Bank BCA juga menyediakan jasa layanan peminjaman uang kredit rumah dengan jangka waktu yang lama dan cicilan ringan. Jasa layanan ini bernama Kredit Kepemilikan Rumah atau disingkat KPR. Anda bisa memiliki rumah dengan angsuran yang lebih ringan berkat jenis pelayanan ini, Anda hanya perlu mengikuti langkah cara kredit rumah bank BCA yang tidak jauh berbeda dengan persyaratan kebanyakan penyedia pinjaman bank lainnya.

Download Cara Kredit Rumah Bank BCA

4. Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri Syariah ternyata juga menyediakan jasa layanan peminjaman uang untuk kebutuhan Anda termasuk layanan pembangunan rumah dan kepemilikan rumah. Layanan yang ditawarkan pada Bank Mandiri Syariah berupa pembiayaan multiguna. Khusus bagi karyawan perusahaan yang melakukan pengajuan kepemilikan rumah secara berkelompok. Ada yang namanya jasa layanan BSM Impan.

Ciri utama dari seluruh program Bank Mandiri Syariah yakni mengacu pedoma hukum Islam. Meminjam uang di Bank Mandiri Syariah merupakan solusi bagi Anda yang kaum muslimin dan takut terpaut riba, cara kredit rumah tanpa riba ini mungkin menjadi solusi bagi Anda yang sangat menjaga aktifitas perbankan yang lebiih bersih dari unsur riba. Nilai yang ditawarkan program ini mulai dari 5 juta hingga 250 juta rupiah dengan tenor maksimal 5 tahun adalah jumlah nominal yang diperoleh dari peminjaman di Bank Mandiri Syariah.

Perlu Anda ketahui bahwa, karyawan yang ingin mengajukan BSM Impan, diharuskan mengajukan secara kolektif dengan jumlah paling sedikit 10 orang dan mendapat rekomendasi dari atasan. perlu Anda pelajari terlebih dahulu cara kredit rumah pada Bank Mandiri Syariah agar Anda tidak merasa kebingungan dan kesempatan apa yang dapat Anda ambil.

5. Bank BNI

Adapun bank yang lain yaitu Bank BNI. Untuk memenuhi kebutuhan konsumtif seperti tujuan pembelian, pembangunan rumah, renovasi rumah. dan lain sebagainya, Bank BNI menyediakan fasilitas BNI Griya.

Keunggulan BNI Griya

  • Maksimum kredit sampai 5 milyar
  • Jangka waktu hingga 20 tahun

Persyaratan Cara Kredit Rumah Bank BNI

  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki pendapatan
  • usia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun untuk karyawan serta 65 tahun untuk wiraswasta

Dokumen Kredit Rumah yang di Pelukan

Di bawah ini merupakan dokumen–dokumen yang harus dipersiapkan sebagai persyaratan bank penyedia kredit rumah agar pembiayaan yang Anda butuhkan bisa dapat di setujui oleh pihak bank:

  • RAB (Rencana Anggaran dan Biaya)
  • KTP atau kartu identitas
  • Kartu keluarga atau surat nikah
  • Fotokopi rekening tabungan
  • Slip gaji
  • Surat izin praktik (untuk profesional)
  • Akte pendirian perusahaan (untuk wiraswasta)
  • Fotokopi NPWP

Persyaratan Kredit Rumah

  • WNI dan berdomisili di Indonesia.
  • Karyawan tetap dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun atau wiraswasta dengan pengalaman usaha minimal 2 tahun atau profesional dengan pengalaman praktek minimal 2 tahun.
  • Usia minimal pada saat pembiayaan diberikan adalah 21 tahun, dan maksimal usia pensiun untuk karyawan atau 65 tahun untuk wiraswasta dan professional.
  • Memiliki pendapatan bersih bulanan minimum sebesar Rp 3 juta untuk karyawan, wiraswasta, dan profesional (informasi untuk pengajuan wilayah sekitar Medan).
  • Melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan, antara lain:
    1. Karyawan: Kartu Tanda Penduduk (KTP), sertifikat, IMB, kartu keluarga, surat nikah, slip gaji terakhir atau surat keterangan gaji, rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir, NPWP pribadi.
    2. Wiraswasta: Kartu TAnda Penduduk (KTP), sertifikat, imb, kartu keluarga, surat nikah, rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir, laporan keuangan 2 tahun terakhir, legalitas usaha (akte pendirian berikut perubahan terakhir, TDP, SIUP, NPWP), NPWP Pribadi.
    3. Profesional: Kartu TAnda Penduduk (KTP), sertifikat, IMB, kartu keluarga, surat nikah, rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir, izin praktek yang masih berlaku, NPWP Pribadi.

Mengisi Form Permohonan

  1. Jenis kredit            :

Detail informasi

  1. Provinsi                  :
  2. Area                       :
  3. Alamat                   :
  4. Luas bangun          : *
  5. Deskripsi :**
  6. Jangka waktu          :

Data pribadi

  1. Nama                      :
  2. Nomor telepon        :
  3. Email                       :

Jadwalkan survey

  1. Pilih tanggal             :

Pemberi referensi (opsional)

  1. Nama marketing      :

Saya telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

………,…..,…..

(Tanda tangan dan nama terang)

Keterangan:

*    : isi luas rumah yang Anda inginkan

**    : Jelaskan sedetail mungkin kebutuhan Anda, spesifikasi, bahan dan material yang Anda impikan, juga budget pembangunan Anda.

Contoh Form Permohonan Bank

Form Pengajuan Bank BRI

cara kredit rumah

Form Pengajuan Bank BNI

cara kredit rumah

Nasabah yang telah memenuhi syarat dan mengisi formulir selanjutnya nasabah menyetorkan formulir kepada petugas. Anda dapat memepercayakan pembangunan rumah dan kepemilikan rumah Anda pada bank yang memiliki kredibilitas yang baik.

Terima kasih kami ucapkan telah mengunjungi situs ini, pesan serta saran kami terima dengan senang hati. Anda dapat menghubungi kami dengan mengunjungi webside resmi untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Sumber : banamitra.com

Tinggalkan Balasan