Biaya Renovasi Rumah Di Medan Budget Ekonomis

biaya renovasi

Pada saat ingin renovasi rumah sebenarnya Anda tidak perlu takut akan biayanya yang mahal. Sebab, membengkaknya biaya untuk renovasi rumah biasanya terjadi karena seseorang melakukan beberapa kesalahan, mulai dari tahapan perencanaan hingga proses renovasi rumah tersebut dilakukan.

Mungkin buat Anda yang memiliki budget lebih hal tersebut bukan menjadi masalah yang berarti. Tapi, bagaimana bagi mereka yang memiliki budget pas-pasan untuk renovasi rumah? Bangkaknya biaya dalam merenovasi rumah tidak hanya menyita lebih banyak energi, waktu, dan bahkan menuntut Anda untuk mencari solusi lebih mendesak lagi hingga membuat Anda lebih stress.

Bagi Anda yang berencana melakukan renovasi rumah, sebaiknya tidak melakukan kesalahan renovasi agar terhindar dari masa-masa sulit tersebut. Oleh karenanya pada kesempatan kali ini kami telah merangkumkan panduan renovasi rumah yang harus Anda tahu dan terapkan.

Ingin Renovasi Rumah Tidak Perlu Takut Mahal, Ikuti Panduannya Disini!

renovasi ruko

Photo by@architects_need

Rincian Biaya Renovasi Rumah Medan

Perkiraan biaya tenaga pekerja

Pada dasarnya ada dua metode pembayaran pada saat Anda ingin menggunakan jasa renovasi rumah, yakni harian dan borongan. Perkiraan biaya tukang harian Rp 125.000,00 – 150.000,00 per hari, biaya tersebut belum termasuk biaya material. Sementara itu untuk sistem borongan sendiri biayanya sebesar Rp 600.000,00 – 800.000,00 per meter persegi.

Kelebihan dari sistem borongan adalah Anda tidak perlu membayar lebih apabila pekerjaan belum selesai dari waktu yang telah ditentukan. Karena penghitungannya sudah ditentukan diawal renovasi akan dilaksanakan.

Baca Juga: Pertimbangkan Memilih Pakai Jasa Tukang Bangunan?

Perkiraan biaya jasa renovasi dan material

Apabila Anda memilih sistem borongan, itu artinya Anda tidak perlu repot lagi membeli material yang dibutuhkan untuk renovasi rumah. Sebab, semuanya akan dilakukan oleh pihak penyedia jasa renovasi rumah. Kisaran biaya jasa renovasi dan material yang dibutuhkan adalah Rp 2.500.000,00 – 4.000.000,00 per meter persegi. Namun demikian, harga tersebut tergantung dari jenis material yang dipilih.

Perkiraan biaya untuk tanah dan bangunan

Apabila tanah sudah cukup, maka Anda bisa mengabaikan bagian ini. Anda hanya perlu memperhitungkan mengenai biaya material dan jasa renovasi per meternya, maka sejumlah itulah gambaran perkiraan biaya yang diperlukan untuk renovasi rumah.

Pembelian tanah untuk memperluas rumah sebesar 1 meter persegi adalah Rp 1.000.000,00. Jadi, apabila Anda butuh tanah seluas 25 meter persegi, maka biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 25.000.000,00.

Perkiraan biaya lain-lain

biaya renovasi rumah

Photo by@architects_need

Dikarenakan rumah adalah investasi yang besar, sehingga Anda butuh perencanaan dan biaya yang cukup untuk renovasi. Anda tidak hanya harus menyiapkan dana sesuai perhitungan di awal, tetapi siapkan pula biaya lain-lain. Alasannya, selama proses renovasi biasanya terjadi hal-hal yang tak diduga.

Estimasi Biaya Renovasi

Sebagai langkah awal dalam melakukan estimasi biaya renovasi rumah medan adalah dengan merencanakan RAB atau Rencana Anggaran Bangunan. RAP pada dasarnya menjadi hal penting untuk merencanakan renovasi rumah, sebab berisikan mengenai perencanaan awal yang ada kaitannya dengan pekerjaan dan perkiraan biaya renovasi.

Baca Juga: Tips Memilih Kontraktor Rumah Terbaik Dan Bergaransi

Tugas RAP umumnya dilakukan oleh jasa tukang renovasi rumah yang dipilih untuk diajak bekerjasama. RAB digunakan untuk harga penawaran jasa tukang renovasi kepada kliennya. Rumus perhitungan RAM sendiri adalah Volume Pekerjaan x Harga Satuan Pekerjaan. Setidaknya ada dua cara melakukan estimasi biaya renovasi, antara lain sebagai berikut.

Estimasi biaya renovasi kasar

Cara yang pertama ini menggunakan perhitungan dengan memperkirakan biaya renovasi kasar. Caranya adalah dengan menghitung Volume Luas Total Area yang akan direnovasi. Agar lebih gampangnya, Anda bisa menggunakan rumus berikut.

Estimasi Biaya Renovasi Kasar = Luas Total Area Kerja x Harga Satuan Standar

Misalnya, apabila harga satuan untuk renovasi rumah sebesar Rp 3.000.000,00 dan luasan total area yang ingin direnovasi yakni 120 meter persegi. Maka perhitungan biaya kasarannya 120 meter persegi x Rp 3.000.000,00 = Rp 36.000.000,00.

Estimasi biaya renovasi terperinci

Ini merupakan cara menghitung estimasi biaya renovasi yang paling direkomendasikan. Alasannya, metode atau cara tersebut dilakukan lebih terperinci dengan mengumpulkan data-data volume masing-masing elemen pekerjaan. Jika sudah, tinggal dikalikan saja harga satuan yang didapatkan dari komponen biaya tenaga kerja, material, dan biaya pendukung lainnya.

Keuntungan dari aplikasi metode tersebut adalah klien juga bisa melihat apa ada perkiraan biaya yang tidak terduga dan biaya jasa renovasi rumah. Besar biayanya bisa berkisar antara 10% hingga 15%.

Biaya Renovasi Rumah

renovasi rumah

Photo by@architects_need

Menentukan skala prioritas biaya renovasi

Untuk memperkirakan biaya yang dibutuhkan saat renovasi rumah, maka perlu adanya skala prioritas. Karena apabila Anda hanya mengikuti kata hati atau saran dari orang-orang yang tidak profesional maka renovasi rumah akan memakan biaya yang sangat banyak.

Reuse material bangunan bekas yang layak pakai

Memanfaatkan dan menggunakan kembali material bangunan bekas yang layak pakai akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Sebab, yang demikian bisa menghemat biaya renovasi rumah. Jadi, sebaiknya Anda perhatikan dengan baik material bangunan di rumah Anda secara menyeluruh.

Membuat hitungan harga pengerjaan

Cara menghitung biaya renovasi rumah medan hemat budget yang selanjutnya adalah dengan menyusun semua komponen pekerjaan, mulai dari tahap awal hingga tahap akhir pekerjaan. Komponen pekerjaan yang dimaksudkan di sini antara lain seperti pembersihan lahan, pagar pengaman, demobilisasi, mobilisasi, cut and fill, dan lain-lain.

Menghitung rencana pengeluaran

Untuk membuat perhitungan biaya renovasi rumah medan pada dasarnya bisa Anda lakukan sendiri, atau dengan berkonsultasi pada ahlinya, baik teman, tukang, maupun konsultasi online dibeberapa media penyedia layanan konsultasi bangunan. Selain itu, jangan lupa untuk membuat RAB atau Rencana Anggaran Biaya berdasarkan jenis material serta komponen pekerjaan.

Selektif dalam memilih jasa tukang renovasi rumah

Anda pastinya akan sangat diuntungkan sekali dari sisi kenyamanan proses dan hasil apabila memilih jasa tukang renovasi yang baik, jujur, profesional, dan berpengalaman di bidangnya. Namun jangan pula demi menghemat budget Anda memaksakan menggunakan jasa murahan yang belum berpengalaman.

Terimakasih saya ucapkan telah mengunjungi situs ini, pesan serta saran kami terima dengan hati dan anda dapat menghubungi kami.

6 tanggapan pada “Biaya Renovasi Rumah Di Medan Budget Ekonomis

  1. Pingback:Renovasi Rumah Type 36 Ada Caranya Agar Terlihat Indah - Banamitra

  2. Pingback:Cara Memperbaiki Atap Bocor Dan Rember Saat Hujan - Banamitra

  3. Pingback:Cara Memperbaiki Atap Bocor Dan Rember Saat Hujan Di Medan - Banamitra

  4. Pingback:5 Panduan Renovasi Rumah Minimalis Di Medan - Banamitra

  5. Pingback:Keuntungan Pakai Jasa Arsitek Medan Terpercaya - Banamitra

  6. Pingback:Jasa Tukang Renovasi Rumah Lama Terbaik Di Medan - Banamitra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *