15 Alat Tukang Bangunan Lengkap dengan Harga Terjangkau

alat tukang bangunan

Kebanyakan orang berpikir bahwa tidak penting memiliki perkakas tukang bangunan. Padahal, fungsi dari alat tukang bangunan itu bukan semata-mata untuk membangun rumah. Namun juga bisa difungsikan sebagai alat yang bisa memudahkan kehidupan sehari-hari, anda dapat menggunakannya di saat terdesak. Alat tukang bangunan saat ini sudah banyak yang modern dan canggih, yang memudahkan Anda untuk memperbaiki segala sesuatu dengan mudah.

Harga alat tukang bangunan pun beragam, tergatung kegunaan dan jenis alat. Dipasaran Anda akan mendapatkan banyak nama alat tukang bangunan dengan berbagai merk dan bentuk. Tidak ada salahnya jika Anda mulai mengenal peralatan tukang bangunan lengkap apa saja yang termasuk ke dalam perkakas yang Anda sering pakai.

Jenis Peralatan Tukang Bangunan Lengkap

Jenis perkakas tukang bangunan sangatlah banyak jenisnya, mulai dari jenis alat tukang bangunan sederhana, hingga alat tukang bangunan canggih dengan motor penggerek secara otomatis. Selain itu saat ini banyak dijumpai alat tukang bangunan modern yang telah banyak di pasarkan di toko-toko atau panglong bahan bangunan di setiap kota.

Jenis peralatan tukang bangunan dan fungsinya sangat beraneka ragam, begitu juga dengan harga peralatan pertukangan yang dapat Anda beli mulai dari harga yang murah hingga harga yang paling malah, semua tergatung kualitas dan merk alat yang Anda inginkan.

Peralatan tukang bangunan biasanya terdiri dari banyak jenis, Anda tidak perlu memiliki semuanya, setidaknya Anda perlu untuk menyimpan beberapa perkakas yang mudah digunakan dan multifungsi. Yang sering di gunakan untuk keperluan perbaika hal – hal kecil di rumah dan mudah di temukan. Memiliki alat bangunan seperti yang akan dijelaskan berikut ini, maka Anda dapat membuat dan memudahkan dalam aktifitas keseharian anda.

Alat tukang bangunan terlihat tidak penting, akan tetapi jika di butuhkan anda dapat memasang ataupun memperbaiki peralatan rumah tangga dan kerusakan kecil pada bagian rumah.

Nama Alat Tukang Bangunan

Perkakas tukang bangunan memang memiliki jenis yang beragam dan nama-nama yang banyak dengan istilah dan kegunaan nya masing-masing. Berikut adalah daftar peralatan tukang bangunan yang umum dan wajib Anda miliki di rumah sebagai perlengkapan untuk dapat berjaga-jaga saat dibutuhkan.

  1. Bor Mesin : harga satuan Rp.350.000 hingga Rp.500.000
  2. Gerinda Tangan : harga satuan Rp. 165.000 hingga Rp.250.000
  3. Mesin Ketam / Serutan Kayu : harga satuan Rp.250.000 hingga Rp. 850.000
  4. Palu : harga satuan Rp.25.000 hingga Rp.75.000
  5. Tangga Lipat Alumunium : harga satuan Rp.450.000 hingga Rp.1000.000
  6. Gergaji : harga satuan RP. 35.000 hingga Rp.85.000
  7. Obeng : harga satuan Rp 250.000 hingga Rp 300.000
  8. Tang : harga satuan Rp 30.000 hingga Rp 85.000
  9. Kunci Inggris : harga satuan Rp. 23.000 hingga Rp.150.000
  10. Kapak : harga satuan Rp. 65.000 hingga Rp. 150.000
  11. Sekop : harga satuan Rp. 55.000 hingga Rp. 150.000
  12. Cetok / Sendok Semen : harga satuan Rp. 6000 sampai Rp.15.000
  13. Mata Gergaji Besi : harga satuan Rp. 2.500 sampai Rp. 6.500
  14. Cangkul : harga satuan Rp. 35.000 sampai Rp. 55.000
  15. Meteran : harga satuan Rp. 25.000 hingga Rp. 150.000

Alat Tukang Bangunan Canggih / Modern

1. Bor Mesin

alat tukang bangunan

Bor juga tersuk alat tukang bangunan canggih buka hanya berfungsi sebagai pelubang tembok atau papan kayu namun dengan bor Anda juga dapat memasang berbagai macam furniture hingga melepas sekrup dan lain sebagainya. Seperangkat bor tentu juga memiliki beberapa jenis mata bor cadangan yang dapat Anda bongkar pasang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga mesin bor tangan dengan kualitas bagus berkisar Rp.350.000 hingga Rp.500.000, sudah sepaket lengkap dengan berbagai ukuran mata bor dan mata sekrup.

2. Grinda Tangan

alat tukang bangunan

Grenda tangan salah satu alat tukang bangunan yang sangat praktis, karena sudah menggunakan mesin untuk menggerakannya, sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk menggunakannya.

Fungsi grinda adalah untuk memotong plat besi, besi batangan dan bahan lainnya yang bersifat logam. Selain itu juga dengan mengganti mata nya dengan batu asah, Anda dapat memakainya sebagai alat asah yang multifungsi. Harga alat ini berkisar antara Rp. 165.000 hingga Rp.250.000, tergantung dari ukuran dan merk yang digunakan.

3. Mesin Ketam / Serutan Kayu

alat tukang bangunan

Alat tukang bangunan jenis mesin ini sangat terkenal dikalangan pengrajin kayu dan furniture, karena yang ukurannya kecil dan multifungsi menjadikan mesin ini banyak dipakai. Fungsi utama mesin ketam adalah untuk merapikan kayu, menghaluskan permukaan kayu dan membentuk siku pada sudutan kayu agar terlihat lebih rapi. Harga alat ini juga tidak terlalu mahal, berkisar Rp.250.000 hingga Rp. 850.000 Anda sudah bisa memilikinya dengan berbagai merk.

Alat Tukang Bangunan Sederhana

4. Palu

alat tukang bangunan

Palu merupakan salah satu alat tukang bangunan di medan yang memiliki banyak fungsi, namun tentunya yang paling utama fungsi dari palu adalah untuk memasang paku ke berbagai permukaan, baik itu memasang paku di dinding ataupun di papan kayu.

Selain itu palu juga dapat digunakan untuk menghancurkan batu dan dinding yang ingin di bongkar, mencabut paku yang sudah tertanam. Serta masih banyak lagi fungsi lainnya yang bisa Anda pergunakan. Jika Anda ingin memilikinya sebagai peralatan wajib dirumah Anda, harga palu berkisar Rp.25.000 hingga Rp.75.000 perbuahnya.

5. Tangga Lipat Aluminium

alat tukang bangunan

Fungsi tangga memang sangat beragam, mulai dari digunakan untuk mengganti lampu, memperbaiki atap yang bocor, ataupun mengecat tembok tentu juga membutuhkan tangga. Setidaknya dengan memiliki tangga maka akan memudahkan Anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga tanpa perlu memanggil tukang.

Siapa yang tidak tahu cara menggunakan tangga, jika Anda ingin menggunakan tangga maka Anda hanya perlu meletakkan tangga di dekat objek yang akan Anda perbaiki, setelah itu Anda bisa langsung menaikinya.

Harga tangga memang cukup mahal, di pasaran biasanya dijual denga harga di kisaran Rp.450.000 hingga Rp.1000.000 tergantung tinggi dan jenis tangga yang Anda pilih.

6. Gergaji

alat tukang bangunan

Gergaji juga termasuk alat tukang bangunan medan yang penting untuk dimiliki. Dengan gergaji Anda akan lebih mudah untuk memotong balok kayu ataupun pipa plastik dan bahkan ada pula gergaji yang bisa digunakan memotong besi.

Gergaji memiliki banyak model dan jenis, gergaji dapat digunakan momotong kayu, membelah kayu, memotong besi dan meterial lainnya. Yang perlu Anda perhatikan adalah hanya pada mata gergaji yang Anda gunakan.

Anda dapat membeli gergaji dengan satuan di toko bangunan terdekat denga harga berkisar RP. 35.000 hingga Rp.85.000. Pilihlah merk yang baik dan terbuat dari bahan yang awet agar dapat Anda pakai berulang kali.

7. Obeng

alat tukang bangunan

Obeng banyak digunakan untuk memudahkan memperbaiki barang-barang, mulai dari barang elektronik hingga barang rumah tangga lainnya. Ada dua jenis obeng, yaitu obeng kembang dan obeng pipih, sedangkan untuk ukurannya, obeng terdiri dari berbagai macam ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang berukuran besar.

Menggunakan obeng itu tidak sulit, hanya saja sebelum digunakan pastikan bahwa Anda telah memilih obeng yang ukurannya tepat dengan celah sekrup.

Tahan mata obeng dengan satu tangan, kemudian arahkan ujung obeng tersebut pada celah dengan tangan lain. Lalu, pegang obeng pada posisi tegak lurus dengan sekrup, dan putar obeng agar sekrup bisa lepas.

Obeng biasanya dijual secara terpisah, sebab obeng ini terdiri dari berbagai macam ukuran. Untuk harga alat tukang bangunan yang satu ini berkisar dengan harga satuan di kisaran Rp 15.000 hingga Rp 35.000 saja. Ada pula obeng yang dijual secara seperangkat dan tentu lebih mahal harganya di kisaran Rp 250.000 hingga Rp 300.000.

8. Tang

Alat Tukang Bangunan

Tang umumnya difungsikan sebagai alat pemotong, misalnya seperti pemotong kabel, kawat dan lain sebagainya. Selain itu, tang biasanya juga digunakan untuk mencabut paku yang menempel pada dinding, dan dalam keadaan darurat tang juga bisa dialihfungsikan sebagai pengganti palu. Anda yang menggunakan tang, maka langkah pertama yang harus dilakukan tentu memilih ukuran tang yang sesuai.

Gerakkan gagang tang dengan cara menekan seperti Anda memakai gunting. Tang ini bisa digunakan untuk memotong kabel/kawat, menjepit kabel/kawat dan mengencangkan ataupun mengendurkan mur. Alat tukang bangunan sederhana ini sudah dikenal sejak lama, bukan hanya pekerja bangunan saja yang menggunakannya, tetapi pekerja listrik, perkabelan, mesin, dan bengkel juga menggunakannya.

Tang juga terdiri dari beberapa jenis, di antaranya seperti tang lancip, tang kombinasi, tang potong, tang buaya dan tang snap ring. Rata-rata harganya sekitar Rp 30.000 hingga Rp 85.000.

9. Kunci Inggris

Alat Tukang Bangunan

Pada dasarnya, fungsi utama dari kunci inggris ini adalah sebagai pengencang dan pelonggar mur. Kunci inggris ini juga terdiri dari berbagai ukuran, sebab umumnya mur juga terdiri dari berbagai ukuran. Selain itu, kunci inggris sangat diperlukan untuk memperbaiki segala hal yang terkait dengan ledeng.

Hampir sama dengan obeng, saat akan menggunakan kunci Inggris maka Anda harus memastikan kunci Inggris yang akan Anda gunakan itu sesuai dengan ukuran mur/baut.

Pasang kunci pas hingga sepenuhnya mencengkeram kepala baut agar tidak terlepas. Jika Anda ingin melepaskan mur, maka Anda perlu menarik kunci ke arah luar dan sebaliknya jika Anda ingin mengencangkan mur.

Sama seperti obeng, kunci Inggris ada yang dijual secara terpisah sesuai dengan ukuran ada pula yang dijual dalam bentuk satu set. Untuk harga satu set kunci inggris, biasanya di pasaran akan dijual denga harga sekitar Rp. 23.000 hingga Rp.150.000 tergantung ukuran dan model kunci inggris yang Anda pilih.

10. Kapak

alat tukang bangunan

Kapak tentunya digunakan untuk memotong kayu sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Kapak ini juga tersedia dalam berbagai ukuran, ada yang besar dan ada pula yang kecil, Anda bisa bebas memilih modelnya sesuai dengan kebutuhan.

Kapak yang baik adalah yang terbuat dari bahan besi solid dengan campuran dan pembakaran yang tepat. Biasanya kapak akan mudah rusak atau sompel pada bagian mata yang tajam jika tidak benar saat penyepuhan.

Harga kapak sendiri Anda bisa mendapatkannya dengan Rp. 65.000 hingga Rp. 150.000 saja, Anda tinggal pilih merk dan kualitas yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan.

11. Sekop

alat tukang bangunan

Sekop berfungsi sebagai alat yang memudahkan Anda untuk memindahkan pasir ataupun mengaduk adonan semen. Selain itu, sekop juga bisa dijadikan sebagai alat berkebun khususnya untuk menggemburkan tanah.

Cara menggunakan sekop sangat mudah, Anda hanya perlu memegang bagian tengah sekop dengan tangan kiri dan bagian pegangan atas sekop dengan tangan kanan.

Anda dapat langsung mendorong sekop ini ke tanah atau pasir, lalu segera pindahkan tanah atau pasir yang telah angkat dengan menggunakan sekop itu ke tempat lain.

Sekop biasanya dibedakan dari ukuran dan bahan pembuatnya, sedangkan untuk harganya biasanya ada di kisara harga Rp. 55.000 hingga Rp. 150.000 tergantung ukuran dan bahan pembuatnya.

12. Cetok / Sendok Semen

alat tukang bangunan

Sendok semen atau dipulau jawa para tukang bangunan banyak menyebutnya cetok, memang hanya banyak digunakan oleh parah tukang batu. Sendok semen berfungsi untuk memudahkan pekerjaan pasangan batu untuk dinding rumah.

Terapi banyak juga yang menggunakannya sebagai alat untuk menggali tanah saat bercocok tanam dirumah dan kebun rumah. Harga sendok semen sendiri sangatlah murah, dengan Rp. 6000 sampai Rp.15.000 saja Anda sudah dapat memilikinya.

13. Mata Gergaji Besi

alat tukang bangunan

Jika Anda ingin memotong besi sudah pasti gergaji biasa tidak akan dapat memotongnya, maka dari itu mata gergaji besi Anda akan butuhkan. Mata gergaji besi sangatlah simpel dan murah, harganya Rp. 2.500 sampai Rp. 6.500 ada sudah bisa mendapatkannya.

14. Cangkul

alat tukang bangunan

Dengan alat yang satu ini pasti Anda sudah tidak asing lagi, didaerah pedesaa hampir setiap rumah pasti memiliki alat ini. Cangkul memang dari dulu hingga sekarang sangat dibutuhkan untuk menggali tanah, menimbun tanah dan sebagainya.

Harga cangkulpun tidak mahal, hanya berkisar sekitar Rp. 35.000 tanpa gagang jika Anda ingin membeli komplit dengan gagang maka Anda bisa membelinya denga harga Rp.55.000.

15. Materan

alat tukang bangunan

Meteran bangunan memiliki banyak ukuran, mulai dari 3 meter, 5 meter, 10 meter bahkan ada yang 100 meter. Jika untuk penggunaan pada umumnya Anda bisa menggunakan dengan panjang 5 meter saja, karena itu yang paling umum digunakan untuk mengukur suatu bidang.

Harga meteran bervasiasi tergantung panjangnya tetapi secara umum harganya berkisar Rp. 25.000 hingga Rp. 150.000 untuk ukurang 100 meter.

Perkakas Tukang Bangunan Wajib

Diantara 15 jenis perkakas bangunan yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya semua perkakas tersebut penting untuk Anda miliki. Setidaknya Anda perlu memiliki peralatan tukang bangunan yang bisa Anda jadikan pula sebagai peralatan yang bisa dipakai sebagai alat untuk memudahkan memperbaiki peralatan lainnya.

Namun tidaklah hanya itu saja, selain alat tangan tukang banguna harus juga memiliki alat mesin modern dan canggih. Alat atau perkakas tukang banguna haruslah multifungsi seperti obeng, tang, kunci inggris, tangga dan sekop, dan lainnya. Adalah beberapa jenis alat-alat bangunan yang memang wajib Anda simpan di rumah, yang dapat membantu anda di saat – saat terdesak anda akan membutuhkannya.

Peralatan tersebut akan bisa memudahkan Anda untuk memperbaiki alat ataupun bagian rumah yang mengalami sedikit kerusakan tanpa perlu terlalu bergantung pada tukang.

Harga Alat Tukang Bangunan

Banyak yang beranggapan bahwa memiliki perkakas bangunan di rumah itu tidak terlalu penting. Apalagi mereka juga mengira bahwa harga alat tukang bangunan itu cukup mahal. Itulah yang menyebabkan mereka enggan membeli peralatan tukang bangunan, padahal sebenarnya tidak semua peralatan tersebut harganya mahal.

Rata-rata peralatan tukang bangunan yang disarankan untuk wajib dimiliki setiap rumah itu tidak terlalu mahal harganya, bahkan ada pula yang harganya ada di kisaran puluhan ribu Rupiah saja. Berikut ini akan dijelaskan tentang daftar harga dari beberapa jenis peralatan bangunan yang wajib dimiliki.

Terima kasih kami ucapkan telah mengunjungi situs ini daftar alat tukang bangunan ini, pesan serta saran kami terima dengan senang hati. Anda dapat menghubungi kami dengan mengunjungi webside resmi untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Sumber : https://banamitra.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *